Reuni Kecil-Kecilan Alumni Pelayaran Kebangsaan IV
Sharing

Reuni Kecil-Kecilan Alumni Pelayaran Kebangsaan IV di Surabaya

Reuni Kecil-Kecilan Alumni Pelayaran Kebangsaan IV

Hari sabtu kemarin berkesempatan buat reuni kecil-kecilan dengan alumni Pelayaran Kebangsaan IV di Surabaya. Bermula dari bang Ridwan yang dari Ambon ingin ketemuan dengan teman-teman alumni Pelayaran Kebangsaan IV di Surabaya, dan akhirnya kita janjian ketemuan di Tunjungan Plaza di hari sabtu, 30 November 2019.

Oya aku mau ceritakan tentang Pelayaran Kebangsaan IV. Pelayaran ini diinisiasi oleh Departemen Pendidikan Nasional (pada saat itu) yang mempertemukan pemuda Indonesia dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia juga melibatkan taruna-taruni dari akademi Kepolisian, angkatan darat, angkatan laut dan angkata udara. Para peserta dikumpulkan dalam sebuah kapal dan menuju ke suatu daerah yang ditentukan. Selama di atas kapal, para peserta akan berdiskusi, merumuskan sesuatu hal tentang kehidupan berbangsa dan bernegara juga mengadaka kegiatan sosial di lokasi yang dituju. Pada saat Pelayaran Kebangsaan IV, kami menaiki kapal Teluk Banten, berangkat dari dermaga Ujung Surabaya menuju ke pelabuhan Lembar, Lombok.

di tahun 2018, pada saat ada open house di dermaga Ujung Surabaya, aku berkesempatan kembali untuk bisa menaiki kapal perang KRI Teluk Banten. Pada saat itu aku merasa banyak memori pada saat Pelayaran Kebangsaan IV jadi teringat kembali. Gak lupa juga aku share foto-foto di atas kapal ke grup alumni Pelayaran Kebangsaan IV.

Kembali pada acara reuni kecil-kecilan kami. Bertempat di Rame-Rame Tunjungan Plaza, pada saat itu dihadiri oleh bang Ridwan yang datang dari Ambon, kemudian ada Izza, lalu ada Mita-Bagus sekeluarga serta Afif dan saya. Lucu juga ya mengingat kejadian-kejadian di atas kapal. Apalagi pada saat itu kita semua masih muda dan bersemangat sekali mengikuti segala kegiatan. Ada usulan juga untuk membuat acara reuni agar bisa diikuti oleh alumni Pelayaran Kebangsaan IV lebih banyak lagi.

Alumni pelayaran kebangsaan IV ini bisa dibilang kebanyakan sukses pada karir dan jabatannya masing-masing. Gak heran sih, memang peserta Pelayaran Kebangsaan ini diseleksi dari mahasiswa pilihan se-Indonesia. Wah rasanya jadi kepengen cepetan bikin acara reuninya nih. Hanya saja memang karena kesibukan dari masing-masing alumni, jadi agak susah untuk bertemu. lah yang dari Surabaya aja susah banget untuk bertemu.

Kegiatan Positif

Menurutku kegiatan Pelayaran Kebangsaan ini positif banget. Kegiatan di atas kapal ini membuat apa yang kita diskusikan dan gagaskan menjadi berbeda. Namun sayangnya saya tidak banyak menemukan jejak kegiatan Pelayaran Kebangasaan. Misalnya ini pemberitaan tentang Pelayaran Kebangsaan V dan pemberitaan tentang Pelayaran Kebangsaan VI. Namun setelah itu, tidak ada lagi pemberitaan tentang Pelayaran Kebangsaan. Tapi saya menemukan jejak digital tentang Pelayaran Kebangsaan Bela Negara Mahasiswa Indonesia (PKBNMI), entah ini kegiatan yang sama atau berbeda. Tapi pastinya kegiatan yang serupa Pelayaran Kebangsaan harus tetap ada.

Sekali lagi, pertemuan reuni kecil-kecilan kemarin menjadi sangat tidak terlupakan. Semoga bisa mengadakan lagi dengan kedatangan teman-teman yang lebih banyak. Tidak lupa salam Pelayaran Kebangsaan IV

“Air Mengalir Lima Menit Lagi”

Avatar
Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
http://www.arthanugraha.com

2 thoughts on “Reuni Kecil-Kecilan Alumni Pelayaran Kebangsaan IV di Surabaya

  1. Mungkin perlu ada event Pelayaran Kebangsaan yang pesertanya blogger dan influencer. Dijamin bakal rame medsos dan banyak jejak digitalnya. Apalagi kalau pesertanya mak-emak dan pak-bapak zaman now.. ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.