kesehatan Sharing

Seberapa Banyak Air Putih Yang Harus Diminum Per Hari

Air Putih Yang Harus Diminum

Di dalam tubuh manusia terkandung 60% cairan, dimana salah satu pasokannya didapatkan dari asupan air yang diminum. Seberapa banyak sih kebutuhan air putih yang harus diminum per hari? Ada beberapa referensi yang mengatakan harus delapan gelas sehari ataupun 2 liter per hari, salah referensi yang saya dapatkan seperti di detik.com ini. Namun sebenarnya tidak persis sebanyak itu yang dibutuhkan oleh tubuh.

Di artikel lain misalnya malah ditemukan sebetulnya bukan delapan gelas sehari yang dibutuhkan oleh tubuh kita, tetapi lebih tepatnya adalah sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing. Di mana kebutuhan tiap orang bisa berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Beberapa hal yang menjadi acuan kebutuhan konsumsi air putih yang harus diminum setiap orang antara lain massa tubuh dan kebutuhan khusus lainnya misalnya pada saat hamil ataupun menyusui. Bisa juga kondisi tubuh yang sakit mempunyai kebutuhan konsumsi air putih tersendiri.

Sebetulnya tubuh sudah memberikan indikasi pada saat kebutuhan air putih harus dipenuhi. Indikasinya antara lain merasa haus dan warna air seni yang lebih keruh menjadi pertanda bahwa tubuh memerlukan asupan air lagi. Terkadang seseorang mengabaikan indikator ini dikarenakan kesibukan pada saat beraktifitas. Selain itu kebutuhan akan air minum juga dipengaruhi oleh aktifitas yang kita lakukan. Misal jika kita habis berolahraga, tentu membutuhkan asupan air yang lebih banyak daripada kita tidak beraktifitas olahraga.

Namun ada catatan khusus tentang untuk penderita penyakit ginjal yang kronis, karena konsumsi air yang berlebihan malah justru berbahaya bagi penderitanya.

Bagi saya pribadi sebetulnya tidak pernah menghitung secara pasti kebutuhan air putih yang saya minum setiap hari. Untuk kesehariannya, saya biasa selalu meminum air putih pada saat bangun tidur. Jumlahnya tidak banyak, hanya setengah mug saja. Kemudian biasanya saya membarengi meminum teh hangat dengan sarapan. Sedangkan untuk aktifitas di kantor, saya membawa botol minum yang rata-rata menghabiskan satu hingga dua botol minum yang berisikan kurang lebih satu liter. Sedangkan di rumah terkadang hanya meminum beberapa gelas saja dan menjelang tidur saya meminum secukupnya. Terkadang asal bisa membasahi kerongkongan saja.

Oya, saya juga rajin untuk buang air kecil untuk mengontrol kebutuhan air yang harus dipasok.

Jadi seberapa banyak kebutuhan air minum yang harus dikonsumsi? Jawabannya adalah sangat tergantung dari setiap orang, dan bukan berpatokan lagi pada jumlah air dalam liter atau gelas yang harus diminum.

Avatar
Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.