Sharing

Stuck Dengan Mood

gambar diambil dari http://freefitfearless.com/

Beberapa waktu terakhir ini saya sedang berkonsetrasi untuk membuat sebuah aplikasi terintegrasi untuk perusahaan di tempat saya bekerja, ya semacam ERP sistem. Aplikasi ini dibutuhkan seiring dengan semakin kompleknya pekerjaan dan menuntut  semakin banyaknya laporan yang harus dibuat. Terkadang membuat ada perbedaan data antara laporan yang satu dengan yang lainnya.

Khusus untuk membuat sistem ini, saya dibantu oleh tim saya di bagian web developer dan mobile apps, dan saya kebagian melakukan elaborasi di webnya. Kebiasaan dari dulu sampai sekarang adalah saya ini terlalu perfeksionis dalam membangun sebuah aplikasi. Memang tidak terlalu major perubahan, terutama pada user interfacenya, tapi kadang saya cukup gatal untuk mengutak-atik tampilannya. Hahaha gak heran, blog saya ini juga jadi korbannya. Sudah berganti-ganti tema berkali-kali.

Sayangnya di tengah jalan seringkali saya mengalami stuck pada mood saya untuk mengerjakannya. Pernah malah cuma seharian mandengin tuh aplikasi sambil bayangin tapi gak dikerjakan, hehehe. Untuk proses pengerjaan sebetulnya cukup cepat. Karena biasanya pada proses awal sudah ada bayangan akan dijadikan apa, tapi di tengah jalan kreatifitasnya jadi berlebih, hehehe.

Nah yang jadi masalah, di tengah kreatifitas yang menggebu-gebu, saya sering mengalami stuck dengan mood saya. Beberapa cara yang saya lakukan untuk mengatasi stuck ini antara lain:

  1. Pergi ke luar ruangan terus lihat aja aktifitas di jalan atau keramaian, terkadang bisa mengembalikan mood
  2. Beralih mencari topik lain, misal tentang investasi atau apapun.
  3. Chatting di grup terkadang cukup menghibur, ya sekaligus menaikkan eksistensi di grup, hahaha.
  4. Menulis blog, ya seperti yang saat ini saya lakukan ,hehehe.
  5. Beralih mengerjakan development lain, ini juga sering saya lakukan.
  6. Nah kalau masih gak bisa menaikkan mood, biasanya saya akan meninggalkan development untuk beberapa hari, misal satu hingga dua hari. Terkadang cara ini sangat efektif.

Untuk ngoding saya tidak ada masalah dengan kebosanan, malah lebih banyak penasarannya dan berujung pada modifikasi di sana-sini, hehehe.

Yups cukup enam itu saja daftar saya untuk mengatasi mood yang sedang stuck. Kalau mau diterusin sih bisa buanyak banget tapi kayaknya percum gak bergun ya. Intinya sih ada banyak sebab yang bikin mood hilang, tapi itu gak penting. Yang penting adalah cari cara apapun untuk mengembalikan moodmu.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.