Berita Logistik Indonesia

Susi: Sistem Logistik Dibenahi, Impor Sektor Perikanan Bakal Turun

Susi: Sistem Logistik Dibenahi, Impor Sektor Perikanan Bakal Turun

Disadur dari Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan perbaikan sistem logistik di sektor kelautan dan perikanan juga bakal menurunkan tingkat impor komoditas tersebut pada masa mendatang.

“Jika sistem logistik sudah bagus maka impor juga dapat turun,” kata Menteri Susi dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI di Jakarta, Rabu (8/6/2016).

Menurut dia, memang ada industri perikanan yang masih mengandalkan impor ikan, tetapi jumlahnya hanya sedikit, begitu pula dengan impor salmon dari beragam penguasa restoran.

Menteri Susi juga menegaskan bahwa kebijakan impor dari dulu sampai sekarang selalu sama, bahkan pada saat ini jumlah impor komoditas sektor kelautan dan perikanan lebih terbuka dibanding masa-masa sebelumnya.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khoirun juga menyatakan penyesalannya atas ditemukan kasus sebanyak 2.000 ton ikan cakalang yang masuk melalui Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, baru-baru ini.

Herman mempertanyakan apakah ditemukannya impor ikan dalam jumlah yang banyak itu juga akibat dari peraturan yang telah dikeluarkan oleh pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Di tempat terpisah, Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) menyatakan impor ikan yang diperbolehkan pemerintah melalui KKP berdampak kepada pelemahan daya saing produk perikanan nasional.

“Klaim melimpahnya ikan di sebagian wilayah pengelolaan perikanan dalam negeri tanpa dibarengi dengan kesungguhan untuk memandirikan industri perikanan di dalam negeri, khususnya bagi kelompok usaha atau koperasi nelayan, berdampak terhadap gempuran produk impor di swalayan dan pasar-pasar tradisional,” kata Sekretaris Jenderal Kiara Abdul Halim di Jakarta, Senin (6/6).

sumber: http://industri.bisnis.com/read/20160608/99/555910/susi-sistem-logistik-dibenahi-impor-sektor-perikanan-bakal-turun

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.