about life

Target Membaca Buku tahun ini

di tahun 2013 ini, saya mempunyai target untuk dapat membaca sebanyak 12 buku, dengan asumsi saya bisa membaca satu buku dalam satu bulan.

Kesempatan membaca saat ini agak berkurang, sehingga target untuk malalap buku agak susah. Dulu pada saat kuliah saya masih bisa menghabiskan 2-3 buku selama satu bulan. Buku terakhir yang saya baca adalah Steve Jobs yang ditulis oleh Walter Isaacson.

Buku ini adalah otobiografi dari Steve Jobs, sang pendiri Apple. Saya mulai membaca buku ini dari bulan Februari 2012, dan baru selesai hari ini.

Dulu, saya mempunyai target untuk membaca buku minimal 15 menit per hari. Meski kalau sudah keasyikan bisa sampai satu jam lebih. Tapi sekarang, membaca satu halaman saja sangat susah.

Bisa juga karena terlalu banyak informasi yang harus dilalap setiap hari. Dalam sehari, saya biasanya juga membaca koran digital sebanyak empat eksemplar, buka twitter, facebook ataupun intip-intip detik.com.

Tapi sekarang, hebatnya ada juga fasilitas teknologi yang bisa membantu aktifitas membaca.

sebagai contoh, kita bisa menggantikan hardcover dengan format digital (pdf,epub,mobi), selain itu cara membaca file digital itu juga bisa dengan berbagai cara. mau pakai ebook reader seperti kindle, pakai notebook, pakai tablet atau juga pakai HP berbasis android.

Salah satu fitur yang saya suka dari kindle adalah adanya fasilitas text to speech, jadi sambil baca ada yang ngomong seperti kita didongengin.

di aplikasi android, saya memilih moon reader. bisa diatur background tulisannya hitam atau terang, jadi kalau baca di tempat gelap masih ok. ternyata fasilitas text to speech juga ada di aplikasi itu.

sekarang di HP saya sudah terinstall aplikasi moon reader, sehingga setiap saat bisa membaca buku.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.