Tempat Wisata Bogor yang Bersejarah
wisata

Tempat Wisata Bogor yang Bersejarah

Jika sudah sering berlibur ke tempat-tempat yang bernuansa alam di Bogor, tidak ada salahnya jika juga mencoba menyusuri jejak-jejak sejarah di kota hujan ini. Meskipun terkenal sebagai kota dengan wisata alamnya yang indah, tempat wisata Bogor juga banyak yang memiliki nilai sejarah tinggi.

Dengan mengunjungi tempat wisata sejarah di Bogor, kamu bisa belajar banyak hal tentang sejarah masa lampau yang pernah terjadi di kota ini. Jangan lewatkan tempat-tempat wisata berikut sebagai sarana edukasi sejarah dan budaya untuk kamu:

1. Kebun Raya Bogor

Tempat Wisata Bogor yang Bersejarah
Gambar oleh fakhrul anam dari Pixabay

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu ikon wisata di kota Bogor. Ingat Bogor maka ingat kebun rayanya. Tak heran jika tempat wisata ini menjadi destinasi utama para wisatawan yang datang baik dari luar kota maupun luar negeri ketika berkunjung ke Bogor.

Salah satu daya tarik utama di Kebun Raya Bogor ini adalah bunga langka rafflesia yang ketika mekar akan menyebarkan bau bangkai yang menyengat. Di area Kebun Raya Bogor ini terdapat Museum Zoologi dan Herbarium Bogoriense. Tempat wisata ini memiliki sejarah yang panjang dan sudah ada sejak masa Kerajaan Sunda untuk melestarikan benih tanaman yang langka.

Tiket masuk Kebun Raya Bogor sangatlah terjangkau karena kamu cukup membayar Rp 15.000 saja per orang. Sedangkan jika ingin menyewa kendaraan keliling roda 4 kamu harus membayar Rp 30.000 dan sepeda keliling Rp 5.000. Tempat wisata ini buka dari pagi pukul 08.00 WIB hingga sore pukul 16.00 WIB.

Kebun Raya Bogor berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 13, Paledang, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat.

2. Museum Etnobotani Bogor

Etnobotani merupakan gabungan dari kata etno yang berarti budaya dan botani yang berarti tumbuh-tumbuhan. Museum ini menyimpan berbagai jenis tanaman yang berkaitan dengan budaya etnis manusia sekitarnya. Para wisatawan yang datang akan belajar tentang asal mula munculnya tumbuhan, penyebaran, makna dan artinya dalam kebudayaan, serta tanggapan masyarakat.

Museum yang didirikan atas prakarsa Prof. Sarwono Prawirohardjo ini dibangun pada tahun 1962. Museum ini menyediakan berbagai informasi tentang pemanfaatan tumbuhan oleh berbagai etnis di Indonesia. Pemanfaatan tersebut berupa perabot rumah tangga, pakaian tradisional, alat musik, mainan anak-anak, dan lain sebagainya. Berbagai koleksi tersebut banyak terpajang di museum ini.

Tempat wisata ini hanya buka pada hari Senin – Jumat mulai dari pukul 13.00 WIB – 16.00 WIB. Untuk tiket masuknya sendiri sangat terjangkau dan kamu cukup membayar Rp 5.000 saja.

Museum ini berlokasi di Jalan Juanda Nomor 22 – 24, Bogor, Jawa Barat.

3. Museum PETA Bogor

Tempat Wisata Bogor yang Bersejarah
Gambar dari wikimedia.org

Menelusuri jejak sejarah di Bogor tidak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Museum PETA Bogor. Tempat wisata Bogor yang bersejarah ini memberi pelajaran tentang rangkaian kisah dalam sejarah perjuangan kemerdekaan PETA atau Pembela Tanah Air.

Museum ini didirikan untuk memberi apresiasi kepada para pahlawan tentara PETA. Bangunan bergaya Eropa menjadi ciri khas gedung yang dulunya digunakan sebagai tempat pelatihan pasukan tanah air. Terdapat banyak koleksi yang disimpan di sini seperti relief, patung, perlengkapan dan senjata perang, diorama sejarah, dan masih banyak lagi.

Lokasi museum ini sangat dekat dengan Stasiun Bogor sehingga sangat mudah untuk akses transportasi umumnya. Jika kamu ingin datang ke sini pastikan kamu datang pada pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB pada hari Senin – Jumat dan pukul 10.00 WIB – 17.00 WIB pada hari Sabtu – Minggu. Untuk memasuki kawasan wisata ini setiap pengunjung akan dikenakan tarif yang sangat murah yaitu Rp 2.500 per orang.

Museum Peta berlokasi di jalan Jenderal Sudirman Nomor 35, Bogor, Jawa Barat.

Berkunjung ke tempat-tempat bersejarah bisa menjadi sarana edukasi buat kamu untuk mengingat jasa para pahlawan terdahulu. Dengan mengunjungi tempat wisata Bogor yang bersejarah tersebut jiwa nasionalisme dalam diri kamu pun bisa semakin meningkat. Jangan lupa ajak pula teman-temanmu ke sana dengan menyebarkan informasi ini lewat media sosial ya!

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.