Era Baru Logistik yang Didukung oleh Kemajuan Teknologi

Tidak bisa dipungkiri kemajuan teknologi telah merubah wajah dunia. Salah satunya yang ikut berubah adalah sektor logistik. Di dalam sektor logistik, kita masih banyak bisa menjumpai pelaku industri logistik yang menjalankan kegiatan bisnisnya sehari-hari, berproses dengan cara tradisional bahkan tanpa memanfaatkan teknologi sekalipun. Yang paling kasat mata adalah meski sudah banyak perusahaan logistik yang melakukan pengolahan datanya dengan memanfaatkan penunjang teknologi informasi seperti penggunaan Warehouse Management System (WMS), tetapi masih banyak yang melakukan pencatatan manual. Hal ini mengakibatkan adanya ketidak efisiensi baik dari sisi waktu dan biaya.
Sudah saatnya memang sektor logistik mengembangkan kemampuannya dengan menerapkan teknologi terkini. Tidak mustahil untuk melakukan adaptasi tren teknologi saat ini, bahkan proses adaptasinya pun terbilang tidak sulit. Perubahan paradigma era logistik yang didukung oleh kemajuan teknologi adalah keharusan bagi setiap perusahaan yang ingin menang dalam kompetisi perusahaan jasa logistik.
Beberapa teknologi masa kini yang sedang berkembang yang bisa diterapkan adalah IoT (Internet of Thing) dan big data. Penerapan teknologi tersebut akan bisa membawa perusahaan logistik untuk lebih efisien, mampu mengoptimalkan biaya yang dikeluarkan dan memperluas jangkauan kontrol terhadap operasional yang sedang berjalan.

ilustrasi IoT
ilustrasi IoT

Dengan penerapan IoT, perusahaan logistik dapat menerapkan penggunaan di moda transportasi yang dimiliki dengan memanfaatkan IoT untuk fungsi tracking dan tracing. Dengan mplementasi IoT untuk tracking dan tracing maka  perusahaan logistik akan mendapatkan data tracking dengan mudah, cepat, akurat. Selain itu perusahaan logistik dengan mudah mendapatkan prediksi dari proses yang terjadi karena data dapat diolah sedemikian rupa. di Sisi lain, penerapan IoT di moda transportasi memungkinkan untuk menerapkan fleet management yang akan memberikan kemudahan bagi pengelolaan transportasi dengan mengetahui kapan kendaraan harus  di servis,  mengetahui spare part apa saja yang mengalami kerusakan dan memperbaiki dengan segera.
Penerapan IoT di transportasi akan memungkinkan bagi perusahaan logistik untuk mengumpulkan data dan mengolahnya untuk mendapatkan rasio bahan bakar yang optimal, melakukan perencanaan operasional, memanfaatkan pemetaan lokasi pengangkutan dan pengiriman, melakukan manajemen dan kontrol terhadap rute yang dilalui.
Dari semua data yang tersimpan didalam basis data, akan dibantu diolah dengan teknologi big data yang akan melakukan analisa terhadap semua transaksi dan proses data. Big data mampu melakukan analisa terhadap pola order dari customer, alokasi kendaraan dan perjalanan. Big data dengan algoritmanya akan membaca pola dan memberikan dukungan terhadap keputusan yang diambil, semisal menentukan rasio BBM, menentu utilisasi kendaraan dan peningkatan efisiensi.

Ilustrasi teknologi big data
Ilustrasi teknologi big data

Teknologi IoT dan big data tentu kebutuhan perusahaan logistik utama di masa mendatang. Yang menjadi masalah adalah tidak semua perusahaan logistik bisa melakukan investasi secara langsung untuk menerapkan itu semua. Misalnya saja, perusahaan logistik biasanya menggunakan truk milik sendiri ataupun juga memakai pihak ketiga dalam hal ini perusahaan transportasi lainnya.
Bagaimana mengatasi hambatan ini? Padahal penerapan teknologi ini menjadi wajib hukumnya.
Solusinya adalah menggunakan sistem cloud. Dengan sistem cloud, perusahaan logistik tidak perlu melakukan investasi pengadaan sendiri untuk implementasi IoT dan big Data. Sistem cloud memungkinkan perusahaan logistik menggunakan jasa penyedia cloud untuk menerapkan IoT dan big data. Beberapa tipe penyedia jasa cloud misalnya Platform as Service (Paas), Software as Service (SaaS) memungkinkan penggunaan teknologi yang dimiliki berbasis pada pemakaian, dengan basis perhitungan misalnya per user, per penggunaan. Dengan basis perhitungan tersebut, maka sangat dimungkinkan bagi perusahaan logistik berskala kecil bisa menerapkan teknologi IoT dan big data secara langsung.

ilustrasi implementasi sistem cloud
ilustrasi implementasi sistem cloud

Jadi di era baru ini, perusahaan logistik tidak bisa tidak harus mengimplementasikan IoT dan big data dengan supporting oleh sistem cloud.

catatan:

#ilustrasi IoT diambil dari https://infinityleap.com/wp-content/uploads/2016/04/IoT-Is-Transforming-Logistics-Transportation-Sector.png
#ilustrasi big data diambil dari http://www.fronetics.com/wp-content/uploads/2015/03/big-data-1024×845.png
#ilustrasi implementasi sistem cloud diambil dari http://cloudlogistics.com/wp-content/uploads/2013/05/20130502-102005.jpg

Tinggalkan Balasan