seporsi gado gado Arjuna
kuliner

Gado Gado Arjuna Surabaya Yang Kondang itu

Pasti sudah pada tahu dengan makanan yang satu ini. Gado gado adalah makanan yang hampir bisa kita temui di seluruh Indonesia. Makanan ini cukup unik, karena sampai saat ini belum ada yang bisa mengungkapkan sejarah dari gado gado ini. Hanya saja ungkapan gado gado bisa kita temukan untuk menyampaikan sesuatu yang bersifat campuran antara satu dengan yang lainnya, sama persis dengan isi gado-gado yang juga bermacam-macam.

Meski punya nama yang sama, setiap tempat bisa memiliki proses pembuatan dan rasa yang berbeda. Ada yang membuat saus gado gado  dengan menumbuk kacang dan bumbu lainnya saat akan disajikan yang mungkin lebih dikenal dengan istilah gado gado betawi, ada pula yang saus gado gado-nya sudah diproses terlebih dahulu dan tinggal menuangkannya atau sering dikenal dengan sebutan gado gado siram. Perbedaan lainnya adalah pada kecenderungan rasa bumbunya. Ada yang cenderung asin, ada juga yang manis. Tidak ketinggalan tentu isi dari gado gado-nya yang bisa berbeda-beda antara tempat yang satu dengan tempat yang lainnya.

Nah kali ini kita kunjungi satu tempat gado gado yang sangat terkenal di Surabaya yaitu gado gado Arjuna.

Gado Gado Arjuna Surabaya
Lokasi Gado Gado Arjuna

Gado gado Arjuna yang dinamakan sesuai dengan tempat rumah makan ini berdiri, yaitu di jalan Arjuna no 127 Surabaya yang terletak di tengah kota.

Didirikan pada tahun 1970-an oleh bapak Satumin dan dibantu oleh istrinya ibu Soepik.

sejarah gado gado Arjuna
sejarah gado gado Arjuna

Pada awalnya bapak Satumin berjualan gado gado dengan gerobak, sebelum mendirikan warung di jalan Arjuna ini. Saat ini gado gado Arjuna dikelola oleh ibu Nanik, anak dari bapak Satumin.

bapak Satumin dan ibu Soepik Pendiri Gado Gado Arjuna

Kenikmatan dari gado gado Arjuna ini begitu tersohor, sehingga kita seringkali bisa dapati di beberapa pujasera di Surabaya yang memakai nama gado gado Arjuna. Lokasi gado gado Arjuna sangat mudah kita cari. Kalau saat ini, tempat makan ini diberi cat dengan dominasi warna kuning dan ada nama gado gado Arjuna yang jelas terpampang di sana. Gado gado Arjuna buka mulai pukul delapan pagi hingga jam enam sore.

seporsi gado gado Arjuna
seporsi gado gado Arjuna

Gado gado Arjuna memiliki ciri khas saus yang sudah diproses terlebih dahulu. Sepiring porsinya berisikan potongan lontong, selada, kecambah, timun, tahu, telur, kerupuk dan emping yang dipadukan dengan saus kacang dan ditaburi bawang goreng di atasnya dengan dilengkapi sambal. Rasanya sangat nikmat dengan rasa saus kacang yang manisnya pas. Memang sangat benar jika kekuatan kenikmatan gado gado terletak pada bumbunya. Porsi yang disajikan gado gado Arjuna juga sangat cukup untuk kita nikmati.

daftar menu gado gado Arjuna
daftar menu gado gado Arjuna

Selain gado gado, di tempat ini kita juga menyediakan makanan lain seperti rujak cingur, nasi campur, nasi rawon dan batagor. Juga disediakan minuman mulai dari es teh manis hingga kolak dan es dawet. Tapi masak sih kamu rela datang ke gado gado Arjuna tapi malah makan nasi rawon.

Ketersediaan tempat duduk cukup banyak, mungkin bisa menampung sekitar 20-25 orang. Sayangnya untuk parkir mobil sangat terbatas, mungkin hanya bisa menampung sekitar 6 mobil saja.

Nah yang paling penting selain merasakan nikmatnya gado gado Arjuna adalah harganya. Dengan harga sebesar 22 ribu rupiah seporsinya, menurut saya sangat pantas untuk kita bisa nikmati gado gado seenak ini.

Jadi kalau lagi kepengen banget makan gado gado di Surabaya, yuk cus aja langsung ke jalan Arjuna ya.

Artha Nugraha Jonar
blogger yang belajar dengan menulis
http://www.arthanugraha.com

One thought on “Gado Gado Arjuna Surabaya Yang Kondang itu”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.