Kenapa Kita Bisa Kehilangan Motivasi

Motivasi adalah dorongan melakukan suatu tindakan untuk mencapai tujuan tertentu. Masing-masing orang tentu mempunyai tujuan di dalam hidupnya, semisalnya dalam bekerja tentu motivasi seseorang dalam bekerja adalah untuk mendapatkan penghasilan. Contoh yang lain lagi adalah seorang atlit yang berlatih secara rutin, motivasinya tentu untuk mencapai prestasi yang dia inginkan.

kehilangan motivasi
ilustrasi

Oleh sebab itu, motivasi sangatlah erat dengan tujuan yang ingin kita capai. Mencapai sesuatu tujuan tentu harus mengukur dari kemampuan diri kita. Suatu tujuan harus terukur agar bisa dapat dicapai. Akan tetapi seringkali kita kehilangan motivasi ketika ingin mencapai tujuan tersebut. Apakah anda pernah kehilangan motivasi ketika melakukan sesuatu?

Saya ingin membagikan kepada anda mengapa anda bisa kehilangan motivasi.

Di dalam mencapai tujuan, kita akan melakukan tindakan-tindakan yang berulang-ulang agar tujuan itu dapat tercapai. Tindakan itulah yang disebut sebagai motivasi. Seperti yang saya contohkan di atas, seorang atlet akan berlatih rutin untuk mencapai prestasi yang diinginkan. Apa yang terjadi jika seorang atlet tidak berlatih rutin? seberapa besar kemungkinan dia akan berprestasi, tentu menjadi semakin kecil.

Saya membagi suatu tindakan atau motivasi yang anda lakukan berdasarkan seberapa kuat motivasi anda lakukan dengan ukuran waktu.

Di bagian pertama, jika anda melakukan sesuatu dan anda hanya mengerjakan sesuatu itu dalam waktu tiga bulan saja. Berarti anda memiliki motivasi hanya

untuk melakukan hal tersebut.
Bagian kedua, jika anda melakukan sesuatu dan anda dapat melakukannya dalam waktu satu tahun saja, berarti anda melakukan hal tersebut dalam fase coba-coba.
Sedangkan jika anda telah melakukannya selama lebih dari tiga tahun, saya menyebut motivasi anda mengerjakan hal tersebut sebagai sebuah passion.
Yang terakhir, jika anda sudah melakukan selama lebih dari sepuluh tahun, berarti motivasi anda mengerjakan hal tersebut sebagai suatu panggilan.

Baca Juga   Imagine from Beatles , IT People Version

Dengan pemetaan keempat motivasi di atas, maka anda bisa melakukan analisa terhadap motivasi dari diri anda dan menemukan jawaban mengapa anda bisa kehilangan motivasi

2 comments

Leave a Reply