learning by doing
about life

Learning by my doing and your doing

Beberapa tahun yang lalu saya mempunya motto “Learning by Doing” yang dalam pengertian saya adalah proses pembelajaran yang saya lakukan dari proses mengamati, mendengarkan sampai kepada pemahaman, saya dapatkan dari proses yang saya lakukan sendiri. Harapannya adalah proses yang saya lakukan dapat saya maknai sendiri sehingga pemahamannya akan menjadi lebih tepat dan selalu melekat pemahamannya di dalam pikiran.

Tapi itu dulu.

Saat ini, begitu banyak hal yang harus dipahami. Akan tetapi kita terbatas oleh ruang dan waktu. Terkadang untuk meluangkan waktu 1 jam dalam sehari saja untuk mempelajari sesuatu itu adalah sesuatu yang sangat sulit. Sementara tuntutan untuk mempelajari hal-hal yang baru adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari.

Apa Solusinya?

Yang bisa kita lakukan adalah…..
Menggali dari pembelajaran orang lain. Whats….
Bagaimana caranya?

Thanks to Internet Teknologi

Anugerah terbesar yang saat ini ada adalah penemuan teknologi internet telah memberikan kemudahan yang amat sangat. Saya membayangkan, ketika pertama kali saya bekerja sebagai seorang web administrator, saya harus menghandle sebuah server . Pada saat itu saya mengalami sebuah kendala adanya botle neck di suatu proses. Yang bisa saya lakukan pada saat itu adalah mencari di forum-forum resmi yang sangat terbatas dan mengirim email kepada para masternya. Saya sangat kesulitan karena kendalanya adalah saya tidak tahu penyebabnya, apakah dari query di database yang tidak optimal, manajemen memory di server atau web servernya yang bermasalah.

dieng……. Jawabannya saya temukan tiga tahun kemudian ketika mengalami masalah yang sama. Dengan kasus yang sama, saya tinggal memasukkan notifikasi di mesin pencari google dan….. langsung mendapatkan penyebab dan solusinya.

Bayangkan dalam 3 tahun, perkembangan internet begitu luar biasa.

Yang saya salut, selain itu, semakin banyak orang yang mau berbagi. Munculnya banyak forum-forum yang sangat membantu. Saat ini, jika mempelajari suatu bahasa pemrograman baru, atau framework PHP baru ataupun teknologi terbaru, dengan mudahnya secara teknikal kita bisa pelajari dengan cepat.

Ini Eranya…

Saya punya beberapa kenalan yang backgroundnya adalah desainer grafis menjadi programmer web atau programmer mobile apps. Pengakuan mereka, mereka hanya belajar 2 hingga 3 bulan untuk menguasai bahasa pemrogramannya. Ini mungkin pengalaman mereka sering menghadapi programmer yang kadang tidak sesuai dengan mereka.

Sekali lagi ini eranya

Jangan pernah mempunyai alasan lagi. Pengetahuan dan teknologi semakin bertambah setiap tahun, Janganlah beralasan lagi tidak ada waktu dan merasa bukan masanya. Berlakulah seperti seorang Start Up, seberapa besar apapun perusahaan anda.

Artha Nugraha Jonar
blogger yang belajar dengan menulis
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.