Memanfaatkan Insentif Pajak Daerah Jawa Timur Untuk Balik Nama

Saya membeli sebuah mobil bekas di sebuah showroom Jember. Kebetulan plat nomernya berasal dari Sidoarjo. Kebetulan sekali di bulan November hingga Desember 2017, Pemerintah Daerah Jawa Timur memberikan insentif pajak daerah Jawa Timur. Maka saya memanfaatkannya untuk melakukan mutasi kendaraan keluar Sidoarjo dan sekaligus melakukan proses balik nama.

Sebelum berangkat menuju Samsat kota Sidoarjo, terlebih dahulu disiapkan semua perlengkapan dokumennya

  1. BKPB
  2. STNK
  3. KTP yang akan dimutasi
  4. Kuitansi jual beli mobil

Nah seperti saran beberapa website lain yang pernah melakukan pengurusan mutasi, maka saya mengambil cara mudahnya untuk melakukan penggandaan dokumen. Saya menuju tempat fotocopy dan menyampaikan kepada tukang fotocopynya untuk pengurusan mutasi keluar mobil. Oleh tukang fotocopy akan digandakan sesuai kebutuhan dan diberikan map yang sesuai juga. Total biaya sepuluh ribu untuk fotocopy dan map. Oya, tukang fotocopy juga sudah menata dokumen kita di dalam map yang akan diserahkan. Untuk Mobil map warna biru sedangkan motor map warna merah

Selanjutnya adalah menyerahkan dokumen tersebut ke bagian cek fisik. Kita tinggal masukkan ke loket, selanjutnya akan dipanggil dan diberikan kertas untuk cek fisik. Lalu parkir kendaraan ke dekat tempat cek fisik, buka kap mesin lalu petugas berseragam biru akan mendatangi kita. Selanjutnya petugas tersebut akan menggesek nomer mesin dan nomer rangka, dan biasanya kita bisa memberikan uang secara sukarela, saya memberikan uang dua puluh ribu.

Selanjutnya kembali lagi ke loket cek fisik untuk diverifikasi dan ditanda tangani oleh petugas di loket. Dan kemudian akan dipanggil oleh petugas loket cek fisik jika sudah selesai.

Selanjutnya, karena saya akan melakukan proses mutasi keluar, maka saya harus menuju ke lantai dua, masuknya dari pintu masuk depan lalu menuju tangga sebelah kiri.

O ya, sebelum lupa. Karena saya akan mengurus balik nama atas nama istri saya, maka saya membuat dahulu surat kuasa yang menyatakan bahwa istri saya menyerahkan pengurusan mutasi keluar kepada saya dan dibubuhi materai 6000 serta tanda tangan istri saya.

Selanjutnya naik ke lantai dua, dan memberikan dokumen ke loket mutasi keluar lalu dicek oleh petugas. Selanjutnya diarahkan ke gudang arsip yang terletak persis sebelah loket mutasi keluar. di gudang arsip, akan dicek kesahihan data dokumen kita. Menunggu kurang lebih 15 menit.
Setelah dari gudang arsip, kembali lagi ke loket mutasi keluar. Dari loket mutasi keluar diarahkan ke loket fiskal yang terletak di lantai bawah, masuknya dari pintu masuk belakang gedung.

Di loket fiskal, saya sempat dipertanyakan kuitansi yang berbeda dengan nama pemilik yang diajukan. Kebetulan waktu itu yang memproses jual beli di Jember adalah papa saya, maka nama papa saya yang tercantum di kuitansi. Petugas loket fiskal memberikan solusi untuk membeli kuitansi jual beli di tempat fotocopy. Lalu saya menuju ke sana dan membeli kuitansi jual beli yang sudah ditempelkan materai 6000 seharga sepuluh ribu. Selanjutnya mengisi kuitansi tersebut dan juga dokumen surat kuasa yang diberikan oleh petugas di loket fiskal.

Setelah dari loket fiskal, kita diminta membayar biaya mutasi keluar sebesar 250 ribu di loket kasir. Dari loket kasir, kembali lagi ke loket fiskal untuk diverifikasi petugas.

Setelah dari loket Fiskal, kita diminta kembali lagi ke lantai dua untuk menyerahkan dokumen tersebut ke loket mutasi keluar. di Loket mutasi keluar semua dokumen akan ditahan di samsat,  Selanjutnya dari loket mutasi keluar, kita akan diberikan surat yang menyatakan bahwa semua dokumen sedang dalam proses mutasi keluar. Surat itu juga bisa dipakai untuk pengganti STNK. Proses surat mutasi keluar kurang lebih tiga minggu. di surat tersebut juga dicantumkan kapan harus mengambil surat mutasi keluar.

Jika dirangkum, ada 10 kali proses yang harus dilakukan jika ingin mengurus surat mutasi keluar.

  1. loket cek fisik
  2. cek fisik oleh petugas
  3. loket cek fisik
  4. loket mutasi keluar
  5. Gudang Arsip
  6. Loket mutasi keluar
  7. Loket Fiskal
  8. Kasir
  9. Loket Fiskal
  10. Loket Mutasi Keluar

Waktu pengurusan untuk surat mutasi keluar untuk semua proses ini kurang lebih dua jam. Saya datang pada pukul 8.15 dengan posisi yang belum tahu sama sekali prosesnya. Mungkin jika semua dokumen lengkap dan sudah tahu mengenai loket mana saja yang harus disinggahi waktu pengurusan bisa lebih dipersingkat.

Memang dari sisi pelayanan Samsat Sidoarjo ini termasuk yang mendapatkan penghargaan karena layanan terbaik di Jawa Timur, entah di kota lain apakah juga mempunyai standard yang sama.

Teman-teman juga bisa cek website Samsat Sidoarjo yang cukup informatif

Leave a Reply