Sharing

Mengeluh dan Mengeluh Lagi

Secara tidak sengaja saya melihat salah satu postingan lama saya di blog ini yang isinya keluhan, curhatan tentang suatu keadaan. Parahnya lagi buanyak banget postingan saya yang seperti itu. Gak cukup di blog ini saja, di timeline media sosial saya juga isinya begitu. Itu yang dunia digital ya, belum lagi keluhan saya tiap hari di dunia nyata, wah gak terbayang lah.

Entah mengapa saya menjadi orang yang tidak puas dengan segala keadaan. Selalu saja ada keadaan di mana hal tersebut tidak cocok dan ujungnya saya mengeluhkannya. Apakah kamu juga sering mengeluh?

Apa yang menyebabkan orang mengeluh?

Yups betul, ketidakpuasan adalah faktor penyebabnya. Hanya saja ketidakpuasan yang terbawa pada arah negatif akhirnya menimbulkan keluhan. Jika kita bisa berpikir positif, maka yang akan kita lakukan bukan mengeluh tetapi memberikan kritikan yang membangun terhadap kondisi tersebut. Atau bisa juga melakukan empati jika kitalah yang menciptakan keadaan tersebut.

Menyadari diri saya yang parah banget untuk mengeluhnya, maka saya coba membangun diri saya untuk tidak lagi berkeluh kesah, tetapi mengarahkannya kepada kritikan yang positif.

Sebetulnya ini juga menjadi kritikan kita bersama. Karena saya melihat  banyak yang menumpahkan keluhannya di media sosial. Entah tentang tempatnya bekerja, pemerintahan bahkan paling parah kadang juga mengeluh terhadap ketidakpuasan yang menimpa orang lain, entah apa motivasinya.

Membangun Super Duper Pikiran Positif

Berbagai studi banyak menyebutkan dampak negatif dari sikap mengeluh, coba deh googling. Salah satunya di sini http://pontianak.tribunnews.com/2017/07/03/hasil-studi-ternyata-kebiasaan-mengeluh-bisa-buat-kulit-keriput. Tetapi mengapa kita masih mengeluh?
Salah satu cara melawannya adalah dengan merubah mindset untuk berpikir secara positif. Coba lihat dari sisi yang lain, apapun keadaan yang menimbulkan ketidakpuasan itu. Awalnya memang sangat sulit untuk merubah mindset ini, tetapi harus dicoba. Ingat sekali lagi, banyak studi yang mengatakan mengeluh lebih banyak efek negatifnya.

Ayo kita berhenti mengeluh sekarang!

Artha Nugraha Jonar
blogger yang belajar dengan menulis
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.