Sharing

Mengolah Beladiri menjadi Seni Pertunjukan

screenshot-2016-10-10-09-36-00Seni beladiri hampir ditemukan di semua negara di belahan bumi ini. Dengan berbagai kemasan, seni bela diri dikenalkan baik secara tertutup maupun terbuka, maksudnya adalah ada beladiri yang memang dikenalkan kepada masyarakat secara terbuka dengan maksud untuk melestarikan seni beladiri tersebut, ada pula yang dikembangkan di lingkungan yang tertutup.

Seni beladiri dimaksudkan dengan berbagai tujuan, seperti olahraga, pengenalan budaya bahkan filosofi. Oleh sebab itu, ada beberapa seni bela diri yang mengemas demikian rupa untuk diperagakan kepada kalayak masyarakat luas, agar lebih tertarik dengan seni beladiri itu.

Seperti yang saya lihat di Kokas kemarin yang menyelenggarakan sebuah even bertajuk Korean Food Festival. Namanya saja korea, tentu yang dipamerkan semua produk makanan yang ada di Korea. Selain itu, acara ini juga mengadakan beberapa pertunjukan sebagai penunjang even ini.

Salah satu performance yang kebetulan lihat adalah dari Y-Kicks. Y-Kicks ini adalah sebuah pertunjukan martial arts yang dikemas sangat cantik. rupanya Y-Kicks sudah berkeliling ke berbagai negara. Untuk informasi detail mengenai Y-kicks bisa dibuka di website mereka http://y-kick.com/. Tapi ya itu, bahasa Korea semua, hehehe.

pertunjukan Y-Kicks sebetulnya juga bisa ditiru oleh seni beladiri lainnya, terutama yang berasal dari Indonesia seperti pencak silat. Kita ketahui di Indonesia sendiri banyak sekali perguruan dan aliran pencak silat. Dengan kekayaan dan keragaman ini, akan menjadi modal yang kuat jika ingin menjadikan sebuah performance art yang serupa dengan Y-Kicks. Apalagi beberapa aktor laga kita sudah mendunia karena bermain di film-film box offices Hollywood dengan membawa gerakan pencak silat.

Saya sangat berharap suatu saat nanti bisa menyaksikan pertunjukan serupa, tapi dengan gerakan pencak silat

Artha Nugraha Jonar
blogger yang belajar dengan menulis
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.