Setup Awal – Belajar Slim Framework 3

Hai semua…
udah lama banget gak nulis tentang slim framework, bahkan hanya ada satu posting aja di blog, hehehe.

Oke saya mau memulai lagi menulis tentang Slim Framework.

Pada saat awal saya memakai Slim Framework saya menggunakan di versi 1. Ternyata sekarang sudah versi 3. Ada perbedaan struktur yang sangat signifikan pada versi sebelumnya.

Kita mulai saja ya.

Sebelum melakukan proses setup atau menggunakan Slim Framework, maka kamu harus menggunakan composer untuk melakukan setup di Slim Framework. Sebetulnya tidak harus, bisa juga dari raw code Slim Framework ini tinggal kita copykan semua ke web server kita dan udah bisa jalan deh. Tapi saya akan straight saja dengan penggunaan composer. Bagaimana cara penggunaan, cara install dan cara setting di masing-masing OS silahkan meluncur ke situs composer di https://getcomposer.org/doc/00-intro.md

saya asumsikan semua sudah clear ya. Kamu sudah setting composer, sudah punya web server seperti xampp atau mamp atau yang lainnya dan tidak lupa kamu sudah pakai editor, terserah bisa apa saja. Saya pakai editor Visual Code dari Microsoft.

Untuk memulainya silahkan buat dulu sebuah folder di htdocs web server kamu (asumsi pakai apache ya). Beri nama sembarang terserah kamu untuk folder tersebut. Kalau saya beri nama startup

Setup Awal - Belajar Slim Framework 3
Selanjutnya buka folder tersebut di editor. Nah di visual code kita bisa menambahkan terminal supaya bisa menjalankan composer langsung di editor. Alternatif lain, silahkan buka terminal atau command prompt di Windows, selanjutnya masuk ke dalam folder yang sudah kamu buat.

Oke saya asumsikan semua sudah berada di dalam folder yang sudah dibuat ya.
Selanjutnya kita akan melakukan proses pengambilan kode awal Slim Framework dengan memakai composer.
Ketikkan di terminal atau command prompt perintah berikut:
composer require slim/slim “^3.0”

Baca Juga   Bermain Tebakan Angka Dengan Python

Setup Awal - Belajar Slim Framework 3
perintah tersebut akan mengambil file Slim Framework berdasarkan paket yang didaftarkan di https://packagist.org/.
nah, website itu kita bakalan mendapati banyak sekali dependensi atau kebutuhan library yang bisa kita manfaatkan. Oleh karena itu saya ngotot kamu harus pakai composer karena nantinya kita bisa manfaatkan pengambilan paket lainnya melalui composer.
Setelah perinah diketikkan, tekan enter, maka akan dilakukan proses download paket. Oya, composer ini memerlukan sambungan internet ya. lama download tergantung dari kecepatan internet. Tapi karena paket slim framework ini termasuk kecil, maka kita relatif cepat terdownload.
Jika proses selesai, kamu bakalan melihat status berikut ini.

Di dalam folder yang dibuat akan ada satu folder baru bernama vendor dan 2 file composer.json dan composer.lock


Mari kita buka file composer.json


composer.json akan berisi file yang berupa paket-paket yang telah didownload melalui composer. Gunanya banyak file ini. Kita bisa mendistribusikan lagi kepada programmer lain agar paket yang digunakan sama dengan paket yang kita pakai saat ini. Selain itu juga menandai versi dari paket yang kita gunakan, dan kita bisa melakukan update untuk paket-paket yang kita pakai tersebut.

Selanjutnya buka folder vendor. Di dalam folder vendor inilah core utama Slim Framework. Kita disarankan tidak otak-atik folder ini kecuali sudah expert dan memahami struktur core Slim Framework.

Oke demikian setup awal untuk memulai belajar slim framework 3. Pastikan langkah awal ini berhasil sebelum kita melangkah ke tutorial selanjutnya

oya, semua proses setup ini adalah adaptasi dari dokumentasi di https://www.slimframework.com/docs/. kalau mau explore lebih dari ini, saya menyarankan untuk membaca dokumentasinya.

One comment

Leave a Reply