Berita Logistik Indonesia

Transaksi Pengiriman Barang Meningkat

Transaksi Pengiriman Barang Meningkat

disadur dari radarbanyuwangi.jawapos.com

BANYUWANGI – Maraknya perdagangan online mendongkrak transaksi paket di Kantor Pos. Peningkatan transaksi terjadi pada segmen domestik dan internasional, baik dari sisi paket logistik maupun surat.

Sejak tahun lalu volume dan nilai transaksi incoming dan outgoing mengalami peningkatan 21 persen. “Maraknya perdaga­ngan online dan marketplace men­dorong pertukaran barang. Kantor pos masih dipercaya ma­syarakat untuk mengirimkan paket,” ujar Kepala PT. Kantor Pos Banyuwangi, Eko Suma­ri­yanto, kemarin (24/5).

Penggunaan jasa pengiriman paket diprediksi akan terus me­ningkat pada pertengahan bulan Ramadan hingga H-7 Hari Raya Idul Fitri. Mengantisipasi lonjakan volume kiriman paket dan small package, PT. Pos akan menambah tenaga operasional dan jam pe­layanan. “Pengiriman paket sudah harus tuntas H-1 Lebaran,” kata­nya.

Sementara itu, transaksi keua­ngan pada PT. Kantor Pos Ba­nyuwangi pada periode Januari-Mei turun hingga 23 persen di­ban­dingkan periode yang lalu. Pada tahun 2015 jumlah transaksi yang tercatat di Banyuwangi mencapai 25.300 dengan total biaya transaksi Rp 496 juta. Pada tahun 2016 per Mei, transaksi yang tercatat sebanyak 9.500 dengan total biaya pengiriman Rp 165 juta.

Eko mengatakan, tren turunnya penggunaan jasa keuangan di Kantor Pos di Banyuwangi disebab­kan minat masyarakat turun. “Saya rasa karena pemain jasa keuangan sudah banyak, ya Persaingan semakin ketat,” katanya.

Meski demikian, Eko optimistis penggunaan jasa keuangan di PT. Pos Banyuwangi akan meningkat tajam pada momen Ramadan. Momen Ramadan yang dianggap peak season bagi PT. Pos tidak ha­nya peningkatan transaksi pe­ngi­riman paket barang tetapi jasa ke­uangan terutama pengiriman uang pekerja di luar negeri. (cin/c1/afi)

sumber: http://radarbanyuwangi.jawapos.com/read/2016/05/25/1352/transaksi-pengiriman-barang-meningkat

Artha Nugraha Jonar
blogger yang belajar dengan menulis
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.