tekanan darah rendah
Sharing

Beberapa Penyebab Umum Terjadinya Tekanan Darah Rendah

Artikel ini telah 1 kali dibaca
tekanan darah rendah
sumber: pixabay.com

Pernahkah kamu mengalami pada saat berdiri dalam waktu yang cukup lama tiba tiba saja matamu berkunang kunang, pusing 7 keliling, kemudian jatuh pingsan. Beberapa orangnya mengatakan jika hal tersebut terjadi karena belum sarapan pagi ataupun tidak makan seharian. Padahal sebenarnya tanda tanda tersebut lebih mengarah kepada telah dialaminya tekanan darah rendah atau yang sering disebut dengan hipotensi. Pengertian dari hipotensi itu sendiri adalah sebuah keadaan dimana tekanan darah yang ada didalam arteri lebih rendah daripada tekanan darah normal. Pada saat darah mengalir melalui arteri, maka darah tersebut akan memberikan tekanan pada dinding arteri, dimana tekanan tersebut yang dinilai sebagai ukuran kekuatan aliran darah dan yang disebut dengan tekanan darah.

Terjadinya tekanan darah rendah ini bisa menyebabkan kepala terasa ringan, pusing, tubuh merasa tidak stabil atau goyah, dan juga kehilangan kesadaran. Hal tersebut terjadi dikarenakan terhambat atau terbatasnya jumlah darah yang mengalir ke organ vital seperti otak dan ginjal. Lalu sebenarnya apa yang menjadi penyebab terjadinya tekanan darah rendah ini?Berikut beberapa penyebab umum terjadinya tekanan darah diantaranya yaitu :

  1. Cuaca
    Lebih panasnya cuaca udara dari yang biasanya dapat menjadi penyebab tekanan darah rendah pada seseorang. Tetapi biasanya seseorang yang sedang dalam kondisi rileks atau rajin berolahraga pun kemungkinannya akan mengalami tekanan darah yang lebih rendah.
  2. Penyakit Saraf
    Penyakit Parkinson adalah sebuah penyakit saraf yang dapat menimbulkan hipotensi pada saat menjangkit sistem saraf yang mengatur fungsi tubuh otonom seperti untuk mengendalikan darah.
  3. Anemia
    Anemia merupakan kondisi dimana kandungan hemoglobin berada didalam darah rendah. Gejala anemia merupakan salah satu penyebab terjadinya tekanan darah rendah.
  4. Dehidrasi
    Terjadinya dehidrasi dikarenakan tubuh mengalami kekurangan dan juga bisa disebabkan karena diare, kurang minum, atau bahkan pada saat sedang puasa.
  5. Efek Samping Dari Pengobatan
    Terjadinya tekanan darah rendah juga dikarenakan efek samping dari pengobatan. Adanya beberapa obat yang dapat menyebabkan tekanan darah menurun seperti obat anti depresi, obat anti hipertensi seperti alpha blocker dan beta blocker, obat penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE Inhibitor), dan juga obat diuretic.
  6. Neurally Mediated Hypotension
    Pada saat seseorang berdiri terlalu lama, maka akan berkumpulnya aliran darah pada bagian bawah tubuh.

Setelah mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebab tekanan darah rendah, maka saatnya kamu untuk mengetahui beberapa cara mengatasinya seperti :

  • Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam. Pasalnya sodium dapat menaikkan tekanan darah. Tetapi bagi mereka yang telah lanjut usia maka sebaiknya mendiskusikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memberikan tambahan garam kedalam menu diet mereka sehari hari.
  • Secara perlahan mengubah posisi atau sebisa mungkin tidak terlalu lama berdiri.
  • Dengan mengkonsumsi banyak air putih yang berguna untuk meningkatkan volume darah dan mencegah terjadinya dehidrasi yang dapat memicu terjadinya hipotensi.
  • Pada saat tidur gunakan 2 hingga 3 bantal supaya pada saat bangun dan berdiri tidak mengalami penurunan yang drastis terhadap tekanan darah.
  • Dengan mengurangi mengkonsumsi alkohol.
  • Dengan mengkonsumsi secangkir kopi setiap harinya.

Jika terjadinya hipotensi tersebut menyebabkan gejala gejala yang sangat menggangu dan dilakukannya cara cara diatas ternyata tidak bisa menangani hipotensi, maka sangat disarankan untuk mendiskusikannya dengan dokter untuk bisa mendapatkan penangan yang lebih lanjut.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
http://www.arthanugraha.com
Artikel ini telah 1 dibaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.