Sharing

Beneran Gak Sih Workout Bisa Bikin Badan Gede?

Sudah lima kali saya lakukan workout, emang apaan sih workout itu? Dan beneran bisa bikin badan gedekah?

Kali ini nih saya mau bahas tentang workout. Pertama kali denger workout itu waktu lagi rame-ramenya istilah 7 Minute workout, coba deh googling tentang ini. Di situ dijelasin kalau dengan hanya 7 menit saja kita melakukan gerakan fisik sesuai instruksi, maka badan kita bisa jadi gede. Banyak banget tuh yang nyontohin di youtube atau artikel blog.

Nah, kalau saya sebetulnya tidak bertujuan untuk bikin badan gede sih, tapi lebih untuk melakukan gerakan fisik. Maklumlah, di usia yang sudah kepala empat ini pergerakan fisik sangatlah kurang, ditambah lagi di kantor hampir delapan jam tidak bergerak. Untuk olah raga, biasanya saya sempatin bersepeda di hari sabtu atau minggu sekitar 20-an kilometer. Selain itu setiap sore saya sempatin untuk berjalan keliling perumahan bareng istri dan anak saya sekitar 1-2 km. Saya merasa sih kok masih kurang ya?

Terkadang kalau pagi saya sering melakukan gerakan streching, tapi saya merasa gerakannya kok gak terarah ya. Akhirnya nyoba browsing-browsing, eh ketemulah dengan workout ini lagi.

Pada dasarnya sih workout ini adalah melatih tubuh dengan gerakan fisik. di youtube atau artikel ada beberapa yang mencontohkan gerakannya. Tapi saya coba cari di playstore dan ketemulah beberapa aplikasi yang bisa memandu workout yang akan kita jalani. Setelah mempertimbangkan beberapa hal antara lain kemudahan dan konektifitasnya dengan Google Fit, saya akhirnya memilih aplikasi ini, nama aplikasinya Home Workout.

Beneran Gak Sih Workout Bisa Bikin Badan Gede?
Aplikasi di playstore

Kenapa saya pilih aplikasi ini? Karena diiming-imingi bahwa workout akan dilakukan tanpa alat, juga adanya konektivitas dengan google fit dan di setiap workout kita dibantu dengan instruksi dan ada gambar bergerak dan video tutorial tentang setiap gerakannya.

Setelah diinstall, fase yang lebih sulit adalah melakukannya secara rutin, dan terbukti, dari awal saya install kurang lebih sebulan lalu, baru lima kali saya lakukan workout, hehehe.

Beneran Gak Sih Workout Bisa Bikin Badan Gede?
baru lima kali workout

Memang bener butuh komitmen yang tinggi sih. Nah selain itu di aplikasi ini juga ada challenge gitu yang akan memandu kita sesuai target yang kita inginkan. Misalnya saja ingin workout untuk kaki, kita tinggal pilih challenge-nya.

Beneran Gak Sih Workout Bisa Bikin Badan Gede?
Cari tantangan sesuai target

Sekarang sih saya baru coba yang Full Body. Workout dilakukan kurang lebih sebanyak 11 gerakan dan waktu yang diperlukan kurang lebih 15 menit. Hmmm, cukup singkat ya waktunya.

Oya di kota tempat tinggal saya ini sebetulnya ada lho komunitas penggiat workout, tapi di luaran disebutnya freeletics. Nama komunitasnya adalah Freeletics Sidoarjo, mereka mengadakan kegiatan di hari rabu malam dan minggu pagi. Saya sebetulnya pengen ikutan, tapi sayang nih masih belum pede karena belum kuat untuk mengikuti workout yang bener. Sekarang fokus dulu deh untuk rutin workout sendiri di rumah.

Beneran Gak Sih Workout Bisa Bikin Badan Gede?

Dari pengalaman lima kali workout ini, memang ada pengaruhnya sih terutama di otot. Ada beberapa gerakan yang memang melatih otot menjadi lebih kencang. Dan jangan kuatir deh, dipastikan pada saat awal ada rasa kaku di otot, atau kalau orang jawa bilangnya njarem. Gak apa-apa, wajar aja sih. Nah dari rasa njarem inilah yang memang akhirnya membentuk otot atau memperkuat jaringan otot, dan memang benar adanya bahwa workout itu berpotensi untuk membuat badan gede alias lebih berotot. Hanya kalau mau berotot gede banget seperti bang Ade Rai, tentu porsi latihan dan nutrisi yang dimakan juga harus diperhatikan.

So, itu deh pengalamanku untuk melakukan workout. Semoga bisa melakuan workout semakin rutin ke depannya

Kalau cerita workout dengan bersepeda, bisa dibaca di sini

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.