Bisnis Finansial investasi

Berlomba-lomba Mempertajam Gigi Korporasi

Berlomba-lomba Mempertajam Gigi Korporasi

Setahun lalu saya posting di halaman Facebook tentang bagaimana perusahaan menjalankan memperbesar bisnisnya dengan mempertajam gigi korporasinya. Dalam postingan itu, saya mencontohkan Adobe yang mengakuisisi Magento.

Saya memakai analogi gigi, seperti halnya pada gigi gergaji. Gigi gergaji, semakin tajam maka semakin banyak pula pohon yang bisa ditebang. Sampai ada yang mengisahkan bagaimana seorang penebang pohon yang semakin sering mengasah gigi gergajinya, dan makin banyak pula pohon yang bisa digergaji.

Sebagaimana perusahaan, tentunya semua berharap bahwa bisnisnya berkembang. Namun karena sesuatu hal, maka perusahaan mempunyai keterbatasan jika hanya menjalankan bidang bisnis yang berjalan saat ini. Untuk itulah sudah saatnya bisnis perlu dieksplorasi lagi.

Saya mencoba mengamati perusahaan-perusahaan terbuka yang ada di pasar saham. Mengamati bagaimana mereka bisa bertumbuh. Ada beberapa perusahaan yang bisa bertumbuh dengan terus melakukan pembukaan bisnis baru ataupun akuisisi perusahaan lainnya. Ada yang rela untuk mengecilkan devidennya demi meningkatkan ekuitas atau dipakai untuk ekspansi. Ada juga mengeluarkan surat hutang ataupun right issue saham. Tetapi pada intinya target yang diharapkan adalah pertumbuhan perusahaan.

Perusahaan-perusahaan inilah yang akan semakin menguasai bisnis di Indonesia pada masa mendatang. Tidak pernah takut untuk melakukan ekspansi bisnis.

Avatar
Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.