about life

Hari Kartini 2014

Hari ini, 21 April adalah hari Kartini 2014

Banyak hal yang dilakukan dalam memperingati hari Kartini 2014. Ada yang melakukan pawai berbaju adat, ada yang memakai baju adat di kantor dan khususnya untuk kaum perempuan berpakaian kebaya. Fofo-fotonya dapat kita lihat di berbagai media sosial dengan tema Hari Kartini 2014.

Hari ini adalah hari lahirnya RA Kartini, salah seorang perempuan di masa penjajahan yang dianggap mampu mendobrak cara pandang terhadap kaum perempuan saat itu. buah-buah pikirannya dirangkum oleh Mr. J.H. Abendanon melalui surat-surat yang pernah dikirimkannya. Cerita mengenai RA Kartini, dapat kita baca di halaman wiki.

Mengenai kebaya yang menjadi pakaian dalam memperingati hari Kartini 2014, tidak pernah ada hubungan langsung. Ada kemungkinan karena foto ibu RA Kartini yang memakai kebaya atau pakaian Kebaya adalah pakaian khas perempuan Indonesia yang menimbulkan kebanggaan terhadap perempuan Indonesia.

Ada juga yang memajang foto berikut yang membandingkan perjuangan RA Kartini dengan perempuan saat ini.

Hari Kartini 2014Tapi apapun itu, semangat kesetaraan jender harus selalu menjadi ingatan bagi kita, bahwa sebenarnya perempuan juga berhak untuk mendapatkan kesempatan yang sama dengan kaum laki-laki. Memang saat ini tidak semua masih melakukan pembedaan jender, tetapi sebetulnya pembedaan jender ini masih terjadi di masyarakat.

Jika begitu, hari Kartini 2014 , mengingatkan lagi bahwa kesetaraan jender harus kita tanamkan dalam kehidupan sehari-hari

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.