pelayaran kebangsaan iv
Sharing

Jejak Digital Pelayaran Kebangsaan IV (meski terlambat)

pelayaran kebangsaan iv
tarik mang

air mengalir lima menit lagi…..

Mungkin inilah ungkapan yang paling membekas dari kami peserta Pelayaran Kebangsaan IV. Saat itu kami dari seluruh mahasiswa di Indonesia beserta taruna Akademi TNI dan Kepolisian, bergabung menaiki sebuah kapal yang berkode 516 KRI Teluk Banten

Tentu banyak sekali kenangan yang kami dapatkan dari acara ini. Saya berusaha menelusuri jejak digital dari Pelayaran Kebangsaan IV yang diadakan pada tahun 2004 ini. Sayangnya yang saya dapatkan malah berita dari Pelayaran Kebangsaan yang ke V https://www.liputan6.com/news/read/105896/program-pelayaran-kebangsaan-v-berakhir.
Selain itu saya juga mencari jejak digital di blog ini, eh malah mendapatkan link ini https://www.arthanugraha.com/pak-soetam-dosen-serious/

Nah, pada tanggal 7 oktober 2018 lalu, saya bisa mendapatkan kesempatan untuk menaiki kembali KRI Teluk Banten 516 pada saat ada acara pameran Alutsita di Armada Timur. Sungguh menjadi hal yang menyenangkan bagi saya, karena bisa membuka kembali kenangan pada kapal ini.

Bersama anak dan istri, begitu sampai di armada timur (yang macet….) saya langsung bergegas mencari apakah ada KRI Teluk Banten yang bersandar. Ternyata ada dan sayapun langsung ikut antri untuk menaiki kapal ini. Memang harus cukup bersabar, mengingat tangga untuk menaiki kapal cukup kecil dan harus bergantian untuk naik dan turun.

Sesampai di atas, saya berusaha mengingat kembali memori pada saat di atas kapal ini. Saya masih ingat kalau kami tidur di dek bawah. Tempat tidurnya bertingkat, kiri dan kanan. di bawah dek kami adalah tempat Tank. yups tank, karena kapal ini sejatinya memang berjenis Landing Ship Tank yang bertugas untuk membawa pasukan dan Tank Amphibi.

Di anjungan KRI Teluk Banten

Tidak lupa saya juga menuju ke anjungan kapal di bagian belakang. Saya ingat di situ tempat kami berdiskusi dan pada malam penutupan diadakan acara. Pada saat itu kami membawakan drama legenda Jaka Tarub, dengan diselingi musik dengan band.

Ini tempat kami Mementaskan Jaka Tarub

Wah seandainya teman-teman alumni Pelayaran Kebangsaan IV juga disitu pada saat itu, pasti akan seru. Saya hanya bisa membagi foto-fotonya di grup whatsapp kami.

Kenangan di Pelayaran Kebangsaan IV memang sangat membekas bagi saya. Itu adalah pertama kali berlayar jauh dengan kapal perang pula. Selain itu juga menjadi ajang untuk berkenalan dengan semua teman-temanku dari seluruh negeri ini. 

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.