Sharing

Kamu Generasi C ?

generasi c
http://blog.mindjet.com/wp-content/uploads/2012/10/The-Connected-Workplace-Moving-Forward.png

Apa itu generasi C ?

Setelah generasi X, Y, Z, Alpha yang ditentukan dari tahun kelahiran orang, dipercaya bahwa pada saat mulai dari lahir hingga dewasa pola pikir seseorang terpengaruh oleh kondisi dan keadaan di mana mereka menjalani kehidupannya. Misalnya saja pada generasi X yang lahir di jaman dimana kemajuan teknologi ditandai dengan ditemukan peralatan dan teknologi baru seperti telepon genggam, internet, sedangkan generasi Y, sebagai generasi yang lahir di era internet dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari. Anda dapat membaca artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan generasi X, Y, Z dan alpha.

Tetapi tahukah kamu bahwa di antara generasi X, Y, Z dan Alpha ada sebutan generasi baru lagi. Yups benar, itulah generasi C.
Apa itu generasi C? generasi C tidak ditandai dengan tahun kelahiran dari seorang. Tetapi C ini merupakan sebuah singkatan dari hal yang dilakukan oleh generasi ini. Bahkan untuk mendefinisikan C ini sendiri sangat bervariatif. Dan Pakarz, seorang peneliti Australia mengatakan, C yang dimaksud di sini bisa berarti content, connected, digital creative, cocreation, costomize, curiosity, dan cyborg. Namun bisa juga berarti cyber, cracker, dan chameleon (bunglon).

Tetapi sangat lebih mudah kita mendefinisikan C ini sebagai bagian kehidupan digital. Mereka memanfaatkan semua berkat digital yang  ada saat ini untuk menjalani kehidupan mereka, yups segala segi kehidupan, bisa saja digunakan untuk bisnis, ekonomi, agama, politik bahkan kehidupan sosial. Mereka inilah generasi yang memanfaatkan internet dan segala turunan yang dihasilkan oleh internet. Sangat mudah menemukan ciri-ciri mereka. Mereka pasti punya profil di media sosial, melakukan update status di media sosial setiap hari, mengakses facebook dari smartphone, menonton youtube, rajin posting foto di media sosial. Yah…. merekalah generasi multiscreen.

Siapakah mereka? Mereka sudah tidak lagi ditandai dengan usia, tahun kelahiran, jenis kelamin. Siapapun yang hidup di era digital ini dan memanfaatkan semua karunia teknologi digital, merekalah Generasi C.

Saya mungkin termasuk di dalamnya dan juga mungkin anda.

Generasi C lah yang akan memimpin dunia di masa mendatang. Kolaborasi antara sesama mereka. Mereka punya kekuatan besar di dunia. Mereka tinggal mengeluarkan satu senjata C mereka yaitu CROWD.
Mereka adalah kekuatan, pasukan sekaligus pasar bagi dunia ini yang akan mewujudkan kehidupan dunia yang lebih baik.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

One thought on “Kamu Generasi C ?”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.