Logistics Technology Disruption
Logistics

Logistics Technology Disruption

Dan Disrupsi Teknologi  Mulai Berjalan di Sektor Logistik

Logistics Technology Disruption
by pixabay

Disrupsi teknologi di sektor logistik diawali dengan penanda terjadinya integrasi pola branding melalui online dan offline. Disruption teknologi yang terjadi sering juga diterjemahkan sebagai revolusi industri 4.o.

Ditandai dengan penggunaan teknologi seperti Internet of Thing (IOT), Big Data, Cloud Environment, Radio Frequency Identification (RFID) System dan Cyber Physical System.

Terjadinya disrupsi mengakibatkan penciptaan pasar yang benar-benar baru. Oleh sebab itu dikatakan bahwa sebetulnya pasar lah yang mengalami disrupsi terlebih dahulu. Baru setelah itu diikuti oleh penunjang pasar itu seperti misalnya sektor logistik. Pasar konvensional berubah ke arah digitalisasi pasar dalam bentuk marketplace.

Perubahan ini telah mengakibatkan terjadinya perubahan value proposition yang ditawarkan ke pelanggan. Yang dahulunya layanan logistik akan menawarkan kecepatan, ketepatan, kemudahan, fleksibilitas, respon layanan, keamanan dan lain-lain berubah ke arah yang bersifat fungsional, emosional dan experience.

Pemain industri logistik juga berusaha keluar dari gelora red ocean dengan menciptakan Blue Ocean-nya sendiri, dengan membuat ceruk-ceruk baru. Selain itu juga memilih untuk berkolaborasi daripada berkompetisi saling menjatuhkan pesaing.

Akan tetapi, tetap pada inti jalannya bisnis, disrupsi teknologi ini justru dipandang sebagai sesuatu yang dilakukan untuk menekan cost variable.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

2 thoughts on “Logistics Technology Disruption”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.