Menggunakan LinkedIn
Sharing

Menggunakan LinkedIn Dengan Benar (Menurut saya lho)

Mari Menggunakan LinkedIn.

LinkedIn adalah sebuah media sosial di Internet berupa sebuah website yang menampung penggunanya untuk melakukan aktifitas yang berkaitan dengan profesi mereka. LinkedIn bisa diakses melalui website http://www.linkedin.com. Layanan khusus atau yang disebut sebagai layanan premium secara garis besar memberikan fasilitas khusus kepada penggunanya. Jika pengguna biasa hanya bisa melihat profile secara detail atau mengirimkan pesan kepada pengguna lain yang sudah terhubung. Begitu juga batasan untuk melihat profile dengan mesin pencarian yang diberikan LinkedIn. Layanan premium akan memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk melihat profil pengguna lain tanpa batasan. Mengirimkan pesan kepada pengguna lain tanpa kewajiban harus terhubung kepada pengguna lain. Layanan premium diwajibkan membayar secara berkala dengan menggunakan kartu kredit.

Secara gamblangnya, LinkedIn bisa dikatakan sebagai sosial medianya para profesional. Di sana diberikan kebebasan untuk posting aktifitas pribadi ataupun perusahaan, aktifitas sales dan marketing juga melakukan riset. Head Hunter  juga diberikan kemudahan dalam menggunakan Linkedin. Karena profile dari pengguna dapat dengan mudah dilihat dan dikelompokkan sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Saya sendiri juga memanfaatkan untuk beberapa aktifitas pribadi, memberikan sharing yang berkaitan dengan profesi saya di dunia logistik, membuat page untuk beberapa perusahaan yang saya handle dan juga melakukan aktifitas marketing atau yang lebih dikenal dengan campaigne. Untuk aktifitas yang terakhir ini, LinkedIn sudah sangat membantu dengan memberikan fasilitas feedback melalui comment yang bisa digunakan untuk inquery hal-hal yang berkaitan dengan campaigne yang kita posting, juga ada fasilitas untuk melihat seberapa banyak orang yang melihat posting campaigne tersebut.

Selain sharing, secara pribadi LinkedIn juga saya gunakan untuk menjalin networking dengan pengguna lainnya. Sampai ada yang membuat WhatsApp group, ada juga yang sampai bertemu langsung dan membentuk komunitas di dunia nyata. Kadang juga dapat bahan-bahan yang menarik, karena dari hasil sharing sering kita mendapatkan hal-hal yang tidak pernah terpikirkan ataupun kita tidak pernah tahu karena memang bukan di bidang kita kerjakan.

Sekali lagi, LinkedIn sangat bermanfaat dan dapat digunakan seoptimal mungkin bagi kita untuk pengembangan karir dan profesionalitas kita.

 

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.