Berita Logistik Indonesia

Menhub: Sistem Pengendalian Arus Logistik Selesai Tahun Ini

Menhub: Sistem Pengendalian Arus Logistik Selesai Tahun Ini

disadur dari okezone.com

JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mempersiapkan sistem pengendalian arus logistik di empat pelabuhan besar seperti Pelabuhan Belawan, Tanjung Priok, Tanjung Perak dan Pelabuhan Makasar. Rencananya sistem pengendalian arus logistik atau inaport selesai 2016.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menuturkan, sistem inaport itu membutuhkan waktu yang tidak bisa langsung cepat. Perlu proses, agar inaport di keempat pelabuhan ini bisa berjalan dengan cepat.

“Saya istilahnya begini, dulu orang altet lari yang biasanya lari di kampung tidak pakai sepatu lari, begitu dikasih pakai sepatu jogging itu larinya kurang cepet. Artinya, tidak apa-apa latihan aja pelan-pelan. Nah menurut saya sih itu,” ujarnya di Museum Nasional Jakarta, Jumat (20/5/2016).

Saat ini, kata Jonan, fokus penyelesaian pengendalian arus logistik penerpaannya itu Pelabuhan, Tanjung Priok, Belawan, Tanjung Perak dan Pelabuhan Makasar.

“Ini akan kita coba tahun ini dan harus bisa selesai empat-empatnya. Kalau enggak bisa September ya November atau Desember lah,” terangnya.

Sebagai informasi, inaport atau pengendalian arus logstik merupakan salah satu langkah pemerintah dalam menekan biaya logistik nasional yang sampai saat ini masih mahal. Penerapan sistem inapor tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan infrastruktur yang menunjang penerpaan sistem pengendalian arus logistik tersebut.

sumber: http://economy.okezone.com/read/2016/05/20/320/1393638/menhub-sistem-pengendalian-arus-logistik-selesai-tahun-ini

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.