kuliner

Menjajal Nikmatnya Tengkleng Gajah di Yogyakarta

Menjajal Nikmatnya Tengkleng Gajah di Yogyakarta
Menjajal Nikmatnya Tengkleng Gajah di Yogyakarta

kalau ke Yogyakarta, tentu sudah gak asing dengan kuliner khas yang sangat terkenal yaitu gudeg. Tapi kali ini saya mau mencoba makanan unik lainnya yang ada di Yogyakarta.

Setelah browsing sana sini, akhirnya saya mendapatkan rekomendasi salah satu makanan unik di Yogyakarta yaitu Tengkleng Gajah. Waksss, makanan apakah ini? makanan terbuat dari daging gajah?

Oya, sebelumnya buat kamu yang penasaran dengan apa itu tengkleng. Tengkleng adalah makanan yang berbahan baku olahan tulang kambing. Makanan ini cukup populer di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Lalu ini beneran dari daging gajah?

Ternyata tengkleng gajah ini hanya penyebutan saja, karena sebenarnya tempat ini menyajikan olahan tulang kambing biasa, cuma karena tulangnya guede banget makanya disebut dengan tengkleng gajah.

Lokasi tempat makan ini gampang banget dicapai. Tempat makan yang buka mulai jam sembilan pagi hingga sembilan malam ini bisa ditempuh kalau dari pusat kota Yogyakarta, kamu tinggal menuju ke arah jalan Kaliurang KM. 9, nanti sampai di sana jika bertemu pertigaan lampu merah tinggal belok kanan saja.

Saya datang ke sana pada saat malam hari. Tempat makan ini benar-benar memanjakan pengunjungnya. Tempat parkir yang luas, toilet yang memadai dan tidak lupa tempat makan yang luas banget, kayaknya bisa menampung hingga seratus-an orang deh. Selain itu, pelayanannya juga baik. Meja kotor dengan segera dibersihkan, jadi gak usah kuatir lagi deh.

Menu makanan di tempat ini semua berbahan kambing. Selain tengkleng gajah yang istimewa itu, kamu juga bisa mencicipi sate kambing, tongseng, kepala kambing yang digoreng, gule kambing juga nasi goreng kambing. Untuk minuman, tempat ini menyediakan berbagai minuman seperti es jeruk manis, es teh hingga juice.

Tengkleng Gajah Maknyus
Tengkleng Gajah Maknyus

 

Nah… kali ini saya memesan beberapa menu antara lain tengkleng gajah, tongseng dan gule kambing. Sebetulnya kepengennya sih pesan sate kambing juga, sayangnya menu sate kambing ini memerlukan proses masak yang lama, akhirnya saya urungkan niat untuk memesan sate kambing. Cara memesan menu yang akan kita pilih cukup mudah, kita tinggal menuliskan pesanan di kertas yang sudah disediakan (bisa di ambil di tempat kasir).

Setelah menuliskan pesanan, tidak menunggu lama datanglah pesanannya. Oya, sebelum menyantapnya jangan lupa untuk mengambil nasi putih.

Nasi ambil sepuasnya di Tengkleng Gajah
Nasi ambil sepuasnya di Tengkleng Gajah

Di tempat ini kita bisa mengambil nasi putih sepuasnya.

Akhirnya tibalah waktu mencicipi

Tengkleng gajah ini rasanya luar biasa enak dan makannya pun puas banget karena tulangnya gede banget dan daging yang menyelimuti tulangnya juga banyak. Santapan kedua adalah tongseng yang mantap juga. Terakhir menghajar gule kambing yang juara juga.

daftar harga Tengkleng Gajah
daftar harga Tengkleng Gajah

Kalau kamu penggemar olahan daging kambing pasti suka ke tempat ini. Untuk menikmati tengkleng dan kawan-kawan, satu porsi cukup seharga 37,000 saja, sebanding banget dengan besarnya porsi dan kenikmatan masakannya.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.