wisata

Menjelajah Ke Kawah Putih (Lagi)

Kawah Putih

Ini adalah kali kedua keluarga saya berwisata menjelajah ke Kawah Putih.

Kawah Putih adalah sebuah tempat wisata yang berada di kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tempat wisata ini berupa hamparan kawah yang berwarna putih. Berlokasi di Ciwidey, di sekitaran tempat ini juga rame tempat wisata lainnya seperti kebun teh dan pemandian air panas. Tidak heran, banyak pengunjung yang datang terutama di akhir pekan dan pada masa liburan.

Menjelajah Ke Kawah Putih
Peta Petunjuk di Kawah Putih

Kali pertama saya berwisata ke Kawah Putih yaitu pada saat saya masih di Tangerang, sekitar tahun 2014. Waktu itu saya berangkat dari Tangerang pada dini hari dan sampai di Kawah Putih sekitar pukul delapan pagi. Kali ini saya juga datang pada pagi hari dan kebetulan berangkat dari Bandung. Alasan kenapa harus datang pagi adalah supaya kita bisa mendapatkan obyek spot foto yang bebas, karena pengunjungnya masih sedikit. Selain itu udara pagi yang segar juga bisa membuat foto yang kita hasilkan nanti bisa lebih fresh. Namun saya juga mendapatkan referensi dari website ini yang mengatakan kalau waktu kunjungan ideal adalah dari jam delapan hingga jam sepuluh pagi. Alasannya adalah jika siang sering terjadi gerimis ataupun kabut tebal yang turun.

Loket masih tutup

Kami tiba pada jam delapan pagi, namun ternyata loket masih tutup. Pengunjung juga masih sedikit sekali, mungkin kurang dari sepuluh orang.

Menjelajah Ke Kawah Putih
Area parkir pengunjung

Dari informasi bapak-bapak yang saya temui di dekat loket, katanya sih biasanya pada jam delapan sudah buka, namun mungkin karena hari itu masih hari puasa sehingga buka-nya agak siang. Pada jam delapan lebih lima belas, loket untuk masuk bagi pengunjung yang membawa naik mobilnya sudah dibuka, namun loket untuk pengunjung yang ingin memakai kendaraan yang sudah disediakan pengelola masih belum dibuka.

Kendaraan dari pengelola

Akhirnya daripada menunggu lama, kami memutuskan untuk membawa mobil saja ke atas. Waktu itu yang saya ingat jalannya agak berkelok. Selain itu biaya untuk membawa mobil ke atas memang jadi jauh lebih tinggi dibandingkan jika kita menaiki kendaraan yang disediakan pengelola.

Akhirnya kami tiba di area parkir di atas. Dari area parkir itu, kurang lebih cuma lima puluh meter saja jaraknya menuju ke area kawah, Tampak masih tidak banyak pengunjung, artinya spot foto bisa menjadi bebas.

Keunikan dari Kawah Putih ini adalah kita bisa melihat kawah dari jarak yang sangat dekat. Selain itu pemandangan yang ada sangatlah indah dan unik. Tentu kita tidak setiap saat bisa melihat hamparan kawah yang berwarna putih bukan. Meski demikian kita harus berhati-hati karena asap belerang yang memedihkan mata bisa saja menghampiri kita karena terbawa angin.

Aktifitas yang paling banyak dilakukan oleh pengunjung adalah mengabadikan foto. Oleh sebab itu selain spot foto alami yang sudah ada, pengelola juga menambahkan spot-spot foto lainnya, terutama yang bisa memberikan ikonik pada tempat tersebut, misalnya spot foto dengan tulisan Kawah Putih.

Menjelajah Ke Kawah Putih
Jembatan ikonik untuk berfoto

Selain itu ditambahkan juga sebuah jembatan yang menjorok ke tengah kawah, tentu bisa menjadi spot foto yang bagus. Sayangnya pada saat saya ke sana, jembatan ini ditutup. Mungkin karena petugas yang menjaga jembatan ini masih belum datang.

Menjelajah Ke Kawah Putih
Spot berfoto di Kawah Putih

Jadi worthed bangetlah untuk menjelajah ke Kawah Putih, karena selain kita bisa menikmati keindahan Kawah Putih dan juga berfoto ria, kita juga masih bisa berwisata di tempat lainnya di sekitar kawasan Ciwidey.

Avatar
Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.