about life

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2014

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2014

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2014 ditandai sebagai peringatan akan perjuangan bangsa Indonesia dan menyadarkan kembali semangat bangsa Indonesia untuk lebih maju. Sejarah diperingatinya hari Kebangkitan Nasional ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo. Organisasi Boedi Oetomo yang didirikan pada tanggal 20 Mei 1908 oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) yaitu Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji serta digagas oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo pada awalnya bukan organisasi politik, tetapi lebih kepada organisasi yang bersifat sosial, ekonomi, dan kebudayaan. Namun seiring waktuBoedi Oetomo kemudian menjadi cikal bakal gerakan yang bertujuan untuk kemerdekaan Indonesia.Karena dianggap sebagai organisasi yang menjadi pelopor bagi organisasi kebangsaan lainnya sebagaimana disebutkan di atas, maka tanggal kelahiran ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional(kutipan sejarah Hari Kebangkitan Nasional dari website ini)

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2014Milestone baru

Dalam wacana perjuangan, yang diperjuangkan adalah kemerdekaan akan sebuah bangsa. Menjadi pertanyaan besar bagi bangsa Indonesia apakah kemerdekaan itu sudah diraih.

Founding Fathers kita sudah merumuskan mengenai cita-cita kemerdekaan Indonesia dalam pembukaan Undang-Undang dasar 1945 dan diperkuat menjadi 5 sila dalam Pancasila yang menjadi dasar negara kita.

Cita-cita tersebut sampai saat ini belum dapat tercapai sepenuhnya untuk bangsa Indonesia. Akan tetapi hal tersebut sudah diperjuangkan semenjak dahulu tentu dengan semangat untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

di Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2014 ditandai dengan sebuah perhelatan besar Pemilu yang memilih wakil-wakil rakyat dan sebuah suksesi kepemimpinan, pemilihan Presiden dan Wakil Presiden baru yang akan memegang tongkat estafet pemerintahan sampai periode tahun 2019.

Rakyat Indonesia sangat berharap, para wakil rakyat dan pemimpin pemerintahan yang baru dapat mewujudkan cita-cita perjuangan bangsa Indonesia dengan visi dan misi yang mereka punya. Siapapun pemimpin yang terpilih nantinya, sebagai rakyat Indonesia kita wajib mendukungnya demi cita-cita yang terwujud.

Persaingan, kompetisi pada proses suksesi adalah sebuah hal yang lumrah karena pasti semua akan memberikan yang terbaik yang mereka punya. Sebagai rakyat kita jangan pernah melihat bahwa persaingan tersebut adalah bagian dari awal perpecahan akan tetapi sebagai ajang memberikan buah pikiran oleh calon pemimpin mengenai apa yang terbaik untuk negeri ini. Jangan pernah ada ketakutan ketika calon pemimpin yang kita dukung tidak mendapatkan kesempatan untuk memimpin. Percayalah pemimpin baru negeri ini pasti akan memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia.

Selamat Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2014, tetap berjuang.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

One thought on “Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2014”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.