SFTP Built in Di Visual Studio Code
tools

SFTP Built in Di Visual Studio Code

Kalau kita punya aplikasi website, tentu pengennya sih bisa diakses di browser lewat internet ya. Nah biasanya untuk melakukan upload atau deploy ke hosting atau server, kita memakai SFTP client seperti filezilla dan kawan-kawan. Kalau yang udah jago banget sih biasanya menggunakan SFTP via SSH aja. Berhubung saya gak terlalu hapal dengan perintah-perintah melalui SSH, maka saya memilih untuk pakai yang lebih mudah.

Sekarang jamannya kan elaborasi gitu, termasuk di editor yang saya pakai, yaitu Visual Studio Code. di Visual Studio Code juga menyediakan extension yang dibangun oleh pihak ketiga untuk mendukung pengembang atau programmer dalam menggunakan Visual Studio Code, termasuk penggunaan SFTP.

Nah kali ini saya mau share tentang SFTP dari Liximomo yang ada di extension Visual Studio Code. Saya sekarang pakai extension SFTP ini nih. Penggunaannya gampang banget. Pertama tentu cari dan install dulu ya extensionnya di Visual Studio Code, yang gambarnya kayak di bawah ini ya.

SFTP Built in Di Visual Studio Code

Setelah proses install selesai, kita tinggal konfigurasi sesuai dengan konfigurasi SFTP kita. Caranya tinggal tekan Ctrl+Shift+P di Windows/Linux atau Cmd+Shift+P di Mac, kemudian buka command pallet, dan jalankan atau pilih perintah SFTP: config

Jika sudah, maka akan ada tambahan folder yang berisi file configurasi SFTP kita.

SFTP Built in Di Visual Studio Code

Berikut konfigurasi yang saya pakai.

{
    "protocol": "sftp",
    "host": "IP SFTP",
    "port": 22,
    "username": "usernya",
    "password": "passwordnya",
    "remotePath": "path foldernya",
    "uploadOnSave": true
}

Untuk baris terakhir uploadOnSave dengan nilai true, adalah optional saja. Saya pakai supaya setiap saya save perubahan, otomatis akan melakukan upload ftp untuk file yang dirubah. Jika tidak mengaktifkan itu, kita bisa kok melakukannya secara manual pada saat ingin upload ke server.

Berikut beberapa perintah yang ada melalui Ctrl+Shift+P di Windows/Linux atau Cmd+Shift+P di Mac.

SFTP Built in Di Visual Studio Code

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
https://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.