Surabaya JS Meetup #2
IT Sharing

Surabaya JS Meetup #2, Tempat Belajar Bersama Komunitas Javascript

Kamis, 20 Juni 2019 komunitas Surabaya JS mengadakan pertemuan atau yang kerennya dikenal dengan meetup di Dilo jalan Ratna Surabaya pada pukul 18.00. Saya berkesempatan untuk menghadirinya, siapaa tahu bisa menambah ilmu dan pertemanan.

Tepat pukul enam sore, saya sudah tiba di Dilo, yang terletak di Geco, sebuah co-working di Surabaya. Karena ini pertamakalinya saya menginjakkan kaki di Geco, saya jadi cukup terkagum-kagum, wah di Surabaya ada juga tempat seperti ini. Jadi keingetan dengan film serial Alex Inc. yang diputar di Fox. Tempat seperti Geco ini berguna untuk mempertemukan start up yang tentunya dengan atmosfir dan ambience yang sama diharapkan mampu saling mendukung bahkan tidak menutup kemungkinan untuk berelaborasi. di Geco sendiri, kita bisa meminjam tempat untuk bekerja maupun meeting. Harganya cukup terjangkau.

Dilo sendiri adalah suatu tempat yang digagas oleh PT Telekomunikasi Indonesia untuk mewadahi para start up khususnya di bidang teknologi informasi. Nah salah satu hal yang dikelola adalah memberikan kesempatan komunitas untuk memakai Dilo dan tentunya dengan dukungan berbagai fasilitas. Surabaya JS sebagai salah satu komunitas tempat belajar JS alias Javascript juga berkesempatan untuk menggunakan Dilo.

Oke, selintas cerita singkat mengenai Geco dan Dilo ya. Nah kembali ke topik awal mengenai acara meetup Surabaya JS. Saya mendapatkan informasi pertemuan ini dari pamflet yang dipublikasikan di telegram Surabaya JS. Kebetulan ada kesempatan, maka saya coba ikutan. btw, ini kali pertama juga saya ikutan suatu meetup.

Kembali kepada Surabaya JS Meetup #2, topik yang dibawakan kali ini cukup menarik, yaitu Static Website dengan Gatsby Js dan Pengenalan Type Script. Keduanya topik yang memang sedang populer hari ini. Acara dibuka oleh mas Nusendra selaku koordinator Surabaya JS, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan Dilo oleh mbak Cintya. Selanjutnya masuk ke materi pokok.

Surabaya JS Meetup #2
Materi Type Script dari mas Awang

Topik pertama dibawakan oleh mas Awank yaitu pengenalan Type Script. Untuk saya materi ini cukup berguna, karena selama ini saya hanya mengetahui nama saja, dan di topik ini saya jadi mengenal lebih jauh mengenai Type Script.

mas Griko membawakan materi Gatsby JS

Topik kedua yaitu pembuatan static site dengan Gatsby JS oleh mas Griko. Tapi tidak hanya mengenai Gatsby JS, materinya juga ditambahkan untuk deploy di Zeit Now. Sebelumnya saya pernah belajar tentang Gatsby JS yang berbasis React ini, bahkan sempat mau shifting blog ini ke Gatsby JS. Hanya pertimbangan karena banyaknya konten yang harus saya migrasikan dan juga untuk kemudahan yang memang jauh lebih mudah memakai wordpress deh. Tapi anyway, memang static site ini secara performa luar biasa, apalagi Gatsby JS ini basisnya adalah React JS plus ditambah dengan kemampuan GraphQL, wah tambah keren lah.

Penyerahan Kaos KawanKoding

Setelah pemaparan topik, disediakan sesi tanya jawab. Cukup banyak peserta yang antusias dengan topik yang dibawakan. Sebagai bentuk apresiasi bagi peserta yang sudah antusias untuk bertanya, mas Amirul dari KawanKoding memberikan cendera mata berupa kaos.

Surabaya JS Meetup #2
peserta Surabaya JS Meetup #2

Acara Surabaya JS Meetup #2 diakhiri pada pukul sembilan malam, persis Geco dan juga AJBS tutup jam operasionalnya. Sebelum pulang seluruh peserta berfoto bersama untuk dokumentasi. Ke depannya jika ada acara Surabaya JS Meetup #2 bakalan ikutan lagi deh.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
http://www.arthanugraha.com

2 thoughts on “Surabaya JS Meetup #2, Tempat Belajar Bersama Komunitas Javascript

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.