tempat wisata Jogja
wisata

Tempat Wisata yang Menawarkan Wisata Alam Terbaik di Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki beberapa pegunungan dan perbukitan yang menjulang tinggi. Dengan lokasi yang strategis, yaitu di tengah-tengah pulau jawa, daerah ini sering sering kali menjadi daftar teratas bagi seseorang untuk berwisata. Tempat wisatanya pun beragam, mulai dari wisata pegunungan, wisata bebatuan (candi), hingga wisata yang bisa Anda nikmati di perairan, entah itu laut, danau, sungai, maupun perairan di gua.

Kali ini Anda akan melihat beberapa referensi tempat wisata Jogja yang dikhususkan bagi Anda yang menikmati udara maupun kualitas air yang menyejukkan. Beberapa daftar disini mungkin akan memaksa Anda untuk segera berlibur dan menabung demi menyejukkan pikiran dan tubuh Anda dari kesibukkan sehari-hari. Berikut daftarnya:

1.Kalibiru

tempat wisata Jogja
Gambar oleh Sendy Wulandhary dari Pixabay

Memasuki daerah kabupaten Kulon Progo, Anda akan langsung disambut oleh banyak pohon pinus menjulang tinggi di pinggir-pinggir jalan. Secara langsung, hal ini akan mengakibatkan psikis Anda yang sebelumnya bermuram durja ataupun jenuh akibat rutinitas keseharian Anda yang padat akan berubah menjadi bahagia dan tentram.

Daerah yang masih asri, dan jarang penduduk ini semakin menambah kesan mendalam Anda tentang Jogja. Ditambah lagi, di desa Kalibiru, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo terdapat tempat wisata yang bernuansa perbukitan bernama Kalibiru. Tempat wisata yang menyegarkan ini sudah menyediakan tangga gantung yang bisa Anda panjat, sehingga akan terlihat jelas panorama pemandangan hijau hutan pinus dengan kabut-kabut yang mengelilingi perbukitan di Kalibiru. Kalibiru juga bisa Anda cantumkan ke dalam daftar liburan Anda untuk menyaksikan proses matahari tenggelam.

2.Gunung Ijo

Sumber gambar dari https://ihategreenjello.com

Masih berada di Kabupaten Kulon Progo, atau lebih spesifiknya berada pada Desa Kokap, Kecamatan Hargotirto, Kabupaten Kulon Progo, berdiri sebuah gunung yang hijau, sehingga warga di sekitar daerah tersebut menyebutnya dengan Gunung Ijo. Tempat wisata ini akan memuaskan Anda yang hobi tracking atau mendaki gunung. Gunung yang masih alami dengan masih sedikitnya campur tangan manusia atau fasilitas buatan didalamnya membuat udara dan pemandangan yang dihasilkan akan membuat Anda tenang.

3.Hutan Wanagama

sumber gambar dari https://visitingjogja.com

Hutan Wanagama mempunyai sejarah sangat menarik. Diceritakan bahwa ada seorang Profesor yang bernama Oemi Hani’in (dari Universitas Gadjah Mada) berhasrat untuk merubah area tandus menjadi wilayah hutan yang subur dan indah. Ia bertekad merubah tempat tersebut karena penebangan hutan yang liar dan serakah dari manusia. Berlokasi di desa Banaran, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, dengan keanekaragaman Flora yang ada, hutan lindung ini bisa berdiri dan disebut sebagai miniatur hutan yang ada di Indonesia, 

Terbentang pula tiga aliran sungai yang digunakan oleh warga sekitar sebagai penopang kebutuhan hidup mereka, ke tiga sungai tersebut bernama, Sungai Oya, Sendang Ayu, dan Banyu Tibo. Luas hutan Wanagama ini mempunyai luas 600 Ha, sehingga untuk Anda yang menyukai daerah hijau segar, aliran sungai yang masih jernih, dan disertai udara yang sejuk akan membuat Anda merasa betah dan ingin tinggal disana.

4.Pantai Drini

sumber gambar dari https://id.wikipedia.org

Terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, terbentang sebuah pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia menjadikan pantai ini mempunyai ombak yang cukup besar dan tinggi, namun tenang, ombak-ombak tersebut masih aman dan ramah, seperti warga-warga di Jogja.  Batu laut dan karang yang berdiri kokoh di sekitar Pantai Drini menjadikan tempat wisata Jogja ini sebagai pantai terbaik di Jogja. 

Begitulah beberapa referensi tempat wisata Jogja yang menyegarkan, yang bisa membuat hari-hari Anda di Jogja semakin istimewa.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.