Tips Menghadapi Banjir Saat Berkendara dengan Skuter Matik
Sharing

Tips Menghadapi Banjir Saat Berkendara dengan Skuter Matik

pixabay.com

Di Indonesia, jika sudah masuk bulan Oktober hingga Maret atau April maka sudah mulai dilanda musim hujan. Hal ini sudah pasti terjadi, karena di Indonesia masuk kedalam negara tropis dengan dua musim, kemarau dan hujan. Walaupun belum memasuki puncak musim hujan dengan intensitas yang tinggi, namun seringkali di kota besar menghadapi masalah seperti banjir.

Hal ini menjadikan para pengendara motor merasa khawatir. Saat banjir, maka sulit bagi pengendara untuk melewati jalanan dengan aman dan lancar seperti biasa khususnya bagi Anda yang menggunakan motor matik karena memiliki karakteristik di bagian mesin yang berbeda dengan motor bebek atau motor sport. Berikut ini ada tips menghadapi banjir saat berkendara dengan skuter matik kesayangan anda :

  • Perhatikan Genangan Air

Tips pertama yang bisa Anda lakukan yakni melihat atau memperhatikan genangan air yang ada. semakin tinggi genangan air tentu saja semakin berbahaya dan dapat menyebabkan motor matik yang Anda gunakan mogok. Lihat juga pengendara motor lain yang lebih tinggi saat melewati genangan air dan ukur dengan motor yang Anda gunakan. Setiap tipe sepeda motor memiliki batas ketinggian berbeda. Salah satunya jika Anda menggunakan motor Yamaha terbaru Xride yang memang cukup tinggi dan masih aman jika genangan hanya sedalam kurang lebih 20-30 cm saja.

  • Jaga Jarak dan Kecepatan

Ketika menggunakan motor matik saat hujan dan juga banjir, usahakan untuk mengatur jarak dan kecepatan. Bukan hanya dapat menimbulkan gelombang, bisa saja jika Anda terlalu dekat dengan mobil atau kendaraan yang lebih besar air akan bergerak dan menciptakan gelombang. Meskipun genangan dangkal, namun adanya gelombang ini menimbulkan tekanan dan menjadikan air menyapu badan motor yang Anda gunakan . Bisa jadi air masuk kedalam mesin tanpa disadari.

  • Kontrol Putaran Mesin

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah mengontrol putaran mesin, dibutuhkan teknik khusus bagi pengguna skuter matik seperti Yamaha Xride untuk bisa melaju dengan baik di kawasan banjir. Jika skuter matik sampai mati saat Anda menerjang banjir maka akan sulit untuk menghidupkan lagi mesin motor di waktu dan tempat yang sama. Kontrol perputaran mesin ini bisa membantu mencegah motor matik mati. Disisi lain, Anda juga jangan memutar gas motor terlalu dalam.

  • Bungkus Bagian Kabel Busi

Cara terakhir yang mungkin sederhana namun banyak dilakukan oleh pengguna motor matik adalah dengan menutup kabel busi dengan plastik. Hal ini menjaga agar kabel busi tidak akan lepas. Namun tidak semua motor bisa ditutup kabel businya, jika memang terpaksa menerjang banjir jalan dengan perlahan dan usahakan untuk menggunakan jalur dengan genangan yang lebih rendah dibanding jalur lainnya dan tidak mengenai bagian soket busi.

Itulah deretan tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari motor mogok saat banjir, terutama jika motor yang Anda gunakan adalah motor matik. Memang, karakter mesin motor matik berbeda dengan motor bebek atau motor sport sehingga Anda harus berhati-hati dalam menerjang banjir dan menyesuaikan gaya berkendara.

Selain itu, Anda juga dapat memilih atau membeli motor matik dengan bodi yang lebih gagah dan juga tinggi. Ketika menerjang jalanan yang banjir, maka Anda dapat berkendara dengan lebih aman dan nyaman. Beberapa tipe tersebut adalah motor Yamaha terbaru seperti Yamaha X ride dan Aerox yang banyak disukai pengguna motor matik di kota besar yang bisa anda lihat spesifikasi detail nya disini.

Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.