Yuk Kita Mengenal Lebih Dalam Tentang Jasa Kurir

jasa kurir
Gambar oleh cdz dari Pixabay

Pastinya kamu sudah sering mendengar tentang jasa kurir. Sebetulnya seperti apa sih jasa kurir itu? dan pekerjaan apa yang dilakukan? Dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang jasa kurir juga sejarah serta perkembangan jasa kurir pada masa kini.

Sebelum melangkah lebih jauh, pertama kita harus mengetahui apa definisi dari kurir. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, kurir diartikan sebagai utusan yang menyampaikan sesuatu yang penting dengan cepat.

Jika melihat dari definisi yang diberikan oleh KBBI, maka kurir adalah seseorang yang mempunyai tugas untuk menyampaikan sesuatu dari orang yang satu ke orang yang lain. Ketika telah terjadi interaksi antara manusia, maka profesi kurir ini sebetulnya sudah ada. Yang menarik adalah mengapa harus muncul seorang kurir sebagai pihak ketiga yang menyampaikan sesuatu. Saya mencatat ada 3 hal yang diindikasikan sebagai munculnya kurir:

  • Jarak
    Terdapat jarak antara lokasi yang satu dengan lainnya. Karena pertimbangan waktu tempuh dan jarak, maka digunakanlah seorang kurir.
  • Politik
    Adanya batasan politik, sehingga tidak semua orang bisa masuk ke dalam lingkaran politik. Ini juga terjadi sejak pada jaman kerajaan, ketika seorang raja ingin berkomunikasi dengan raja lainnya sangat jarang bisa bertemu secara langsung. Tetapi pada awalnya ada seorang kurir yang terlebih dahulu menyampaikan pesan sebelum kedua raja tersebut bisa bertemu.
  • Budaya
    Ada beberapa budaya yang tidak dapat membiarkan seseorang masuk secara bebas ke wilayahnya. Bahkan budaya seperti ini kita bisa temui hingga saat ini, misalnya di suku Baduy.

Sedangkan kalau kita melihat dari sisi etimologi, kata kurir merupakan terjemahan dari bahasa inggris yaitu courier yang juga merupakan serapan dari bahasa latin yaitu curere yang berarti lari. Kalau melihat catatan sejarah, sudah tercatat profesi kurir ini sudah ada semenjak abad ke 6 di Persia.

Sejarah kurir di Indonesia sendiri tidak tercatat secara jelas, namun jika melihat lokasi kerajaan yang berada dengan letak geografis yang berjauhan maka patut diduga jika pada jaman tersebut sudah terdapat jasa kurir.

Jasa Kurir Saat ini

Gambar oleh Haynie C. dari Pixabay

Sejarah kurir yang panjang tersebut berlangsung hingga saat ini. Kita bisa melihat banyak sekali jasa kurir yang ada di sekitar kita. Mulai dari jasa kurir personal hingga yang berbentuk perusahaan. Pemakaian alat transportasinya pun semakin beragam. Ada yang memakai sepeda, sepeda motor, mobil, kereta api, hingga pesawat terbang dan kapal laut. Menariknya jasa kurir ini juga berkembang dinamis dan selalu mengikuti perkembangan jaman. Misalnya alat transportasi yang digunakan yang berubah mengikuti jaman. Selain itu, waktu kirim yang dilakukan oleh kurir juga menjadi semakin singkat.

Untuk Berbagai Peruntukan

Saat ini jasa kurir diperuntukkan untuk beberapa hal sebagai berikut:

  • Pengiriman dokumen / surat menyurat
  • Pengiriman Barang
  • Pengiriman Makanan
  • Pengiriman ASI

Teknologi Masa Kini

Gambar oleh GraphicMama-team dari Pixabay

Adanya kemajuan teknologi juga membantu perkembangan jasa kurir. Saat ini kita bisa dengan mudah meminta bantuan seorang kurir untuk mengantarkan barang kita. Kita bisa menggunakan telepon, SMS, aplikasi atau datang langsung ke agen kurir. Banyak pilihan kurir yang dapat kita gunakan.

Kurir masa kini juga semakin berkembang, seiring dengan era e-commerce. Semakin masifnya masyarakat Indonesia yang berbelanja online, maka semakin tinggi juga kebutuhan terhadap kurir.

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.