Personal Branding
pengembangan diri Sharing

Yuk Membangun Personal Branding

Jika saya mengetikkan kata personal branding di mesin pencarian google, maka saya bisa mendapatkan sebanyak dua ratus tujuh puluh enam juta hasil pencarian, waw sangat banyak sekali. Dari sini saya hanya ingin mention, bahwa personal branding itu menjadi penting bagi seseorang. di artikel ini saya akan mengajak anda untuk membangun personal branding serta bagaimana memperkenalkan personal branding tersebut kepada orang lain.

Membangun Personal Branding

Ternyata memang tidaklah selalu sebuah produk atau jasa saja yang perlu dibranding, personal seseorang juga memerlukannya.

Definisi saya untuk personal branding adalah bagaimana anda ingin melihat diri anda atau anda ingin dikenal sebagai apa. Tentu hal ini harus kita konsepkan atau definisikan terlebih dahulu personal branding apa yang kita inginkan. Kemudian mulailah kita membangun branding tersebut.

Personal branding bisa berupa keahlian atau kemampuan tertentu. Juga bisa berupa profesionalitas kita. Atau apapun yang melekat pada diri anda, semisal anda ingin dikenal sebagai seseorang yang selalu memakai baju berwarna hijau, maka itu juga disebut sebagai personal branding anda.

Beberapa cara membangun branding, yang pertama tentu anda harus punya modal awal, yaitu kesesuaian antara yang anda brandingkan dengan yang ada saat ini. Pertajam terus apa yang ingin orang lain lihat dari diri anda. Jika anda ingin dikenal sebagai pesulap oleh orang lain, maka anda harus benar-benar mempunyai kemampuan sebagai pesulap.

yang kedua adalah konsistensi pada apa yang ingin anda brandingkan. Dengan konsistensi, maka orang lain akan melihat citra anda sebagai mana yang selalu anda tampakkan.

Yang terakhir adalah bagaimana memperkenalkan personal branding anda. Saat ini kita semakin diberikan kesempatan untuk mengenal personal branding kita. Semisal saja melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter ataupun media sosial untuk profesional seperti Linkedin. Kemudian kita juga membuat personal blog ataupun konten youtube maupun vimeo yang menunjukkan personal brand anda. Bisa juga dengan membuat suatu podcast.
Nah itu jika kita bermain di dunia digital. Dalam dunia nyata kita juga bisa melakukan hal tersebut, semisal bergabung dengan komunitas lalu memperkenalkan diri dengan personal brand yang ingin anda bangun. Kemudian mencari kesempatan untuk berbicara di depan publik, selain melatih public speaking, juga dapat mengenalkan personal branding anda kepada audiens.

Nah saya sudah mengulas mulai dari cara membangun personal branding hingga bagaimana cara memperkenalkan personal branding itu kepada orang lain. Bersiap membangun personal branding mu sedari sekarang.

Avatar
Artha Nugraha Jonar
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.