Tiket Kereta Api Pada Musim Libur Panjang
wisata

Tips Mudah Dapatkan Tiket Kereta Api Pada Musim Libur Panjang

 

Tiket Kereta Api Pada Musim Libur Panjang

Photoright: raileurope.com

Ayo kamu sedang intip-intip kalender untuk tahun kapan waktu liburan ya? Hehehe, sama saya juga. Liburan itu terkadang harus menyiapkan banyak hal. Meski terkadang sepele, kita harus banyak membuat daftarnya. Misal akan liburan kemana, apa saja yang akan dilakukan, bagaimana cara berangkat ke tempat liburan sampai makanan hingga oleh-oleh yang bisa didapatkan di tempat liburan. Nah kalau kita memakai transportasi publik, tentu kita harus memperhatikan waktu dan biaya untuk menuju ke tempat liburan.

Sudah menjadi rahasia umum kalau pada saat musim liburan, tiket akan cepat sekai habis. Baik itu tiket pesawat terbang, kereta api, atau berbagai agen tour travel. Apalagi transportasi kereta api, harganya yang cukup terjangkau dan fasilitasnya yang nyaman membuat orang ‘berebut’ mendapatkan tiketnya. Tidak heran jika akan banyak orang yang tidak kebagian tiket meskipun sudah mengantri selama berjam-jam. Kalau sudah begini jadi rugi bukan?

Dibandingkan dengan mengandalkan satu cara saja, ada banyak jalan mudah dan cepat agar tetap bisa mendapatkan tiket kereta api pada high seasons seperti liburan, Natal, Tahun Baru, Idul Fitri dan lain sebagainya. Seperti apakah tips-tips atau cara-cara mendapatkan tiket kereta api dengan lebih efektif dan juga efisien? Yuk simak ulasan menariknya seperti berikut ini.

Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari

Untuk mengantisipasi habisnya tiket kereta api pada musim liburan, ada baiknya untuk memesannya lebih awal. Seperti yang kita ketahui, sekarang ini tiket kereta api sudah bisa dipesan setidaknya 90 hari sebelum keberangkatan. Dengan pemesanan tiket lebih awal, kita akan bisa memilih tempat duduk dan kadang jika beruntung mendapatkan harga yang lebih murah.

Supaya tidak terjadi pembatalan keberangkatan ataupun pengunduran tiket, sangat bijak sekali untuk melihat tanggal di kalender dengan benar dan merencanakannya dengan sungguh-sungguh. Jangan sampai keberangkatan gagal karena rencana yang tidak matang.

Pesan Melalui Call Center

Tiket kereta api dijual dengan berbagai metode, secara langsung di stasiun, online, ataupun juga menggunakan jasa call center. Nah, salah satu cara yang jarang sekali ditempuh oleh calon penumpang adalah dengan menghubungi call center. Padahal, dengan menghubungi call center ini, kita akan langsung dilayani oleh petugas PT KAI.

Kita bisa bertanya apa saja, mulai dari jenis kereta api, jadwal keberangkatan, sampai dengan memesan tiket. Pelayanannya sangat ramah serta responnya juga sangat cepat. Jika tertarik, kamu bisa menghubungi call center PT KAI di nomor 121. Semoga beruntung mendapakan tiket yang diinginkan.

Rajin Mengecek Situs Online Ticketing

Cara lainnya yang perlu untuk Anda lakukan adalah memantau terus situs pembelian tiket online. Meskipun terlihat sudah penuh, terkadang ada saja penumpang yang melakukan pembatalan keberangkatan atau pengunduran jadwal. Siapa tahu bisa beruntung untuk mendapatkannya. Cara ini cukup efisien dilakukan. Maka dari itu, jangan lupa mengunduh banyak online ticketing seperti pada halaman website Traveloka. Selain bisa mendapatkan tiket di masa-masa yang genting, terkadang akan ada penawaran yang menggiurkan.

Beli Tiket Kereta Api Eksekutif

Jika cara-cara sebelumnya sudah dilakukan namun hasilnya nihil, jalan terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan membeli tiket kereta api eksekutif. Kebanyakan orang membeli tiket kereta api ekonomi saat akan liburan, dan kelas eksekutif sedikit terpinggirkan. Melihat hal ini, Anda bisa melakukan pemesanan tiket kereta api kelas eksekutif. Hal ini lebih baik dibandingkan Anda tidak mendapatkan tiket kereta sama sekali. Meskipun harganya lebih mahal, setidaknya Anda bisa berlibur dan bisa menyegarkan kembali pikiran-pikiran yang sebelumnya terlalu rumit.

Dengan beberapa cara di atas, mendapatkan tiket pada high season kemungkinannya akan lebih besar. Jangan tergiur untuk membeli tiket dari calo atau orang-orang yang tidak bertanggung jawab ya. Bisa-bisa Anda akan rugi dan tidak jadi berangkat. Well, setelah semua usaha yang dilakukan jangan lupa juga untuk berdoa agar Anda mendapatkan tiket kereta api yang diinginkan ya.

Gimana, cukup mudah kan untuk mendapatkan tiket kereta api pada musim libur panjang.

Artha Nugraha Jonar
blogger yang belajar dengan menulis
http://www.arthanugraha.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.